Terputar

Title

Artist


 Transformasi menuju energi hijau makin mendapat perhatian di Indonesia. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan perlindungan lingkungan

Ditulis oleh pada Agustus 21, 2024

Transformasi menuju energi hijau makin mendapat perhatian di Indonesia. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan perlindungan lingkungan. Salah satu contoh menonjol adalah transisi dari industri pengelolaan makanan ke industri panel surya yang dilakukan oleh Adhia Absar Arryman dan Dimas Beck.

Objek dari kedua industri ini sangat berbeda, tetapi keduanya memiliki visi yang sama, yaitu memberikan kontribusi kepada Indonesia melalui hilirisasi dan industrialisasi.

Adhia Absar, yang berasal dari keluarga teknokrat, memiliki semangat nasionalisme yang kuat dan keinginan untuk membawa perubahan positif bagi negeri ini.

Adapun Dimas Beck, yang sebelumnya berkecimpung di industri hiburan, memiliki misi untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan dampak sosial kemasyarakatan.

Dia ingin mengambil langkah lebih jauh dengan menjadi wirausahawan yang diyakini dapat memberikan dampak lebih bagi bangsa Indonesia.

Adhia dan Dimas memperkuat kerja sama dalam memimpin Anugrah Duta Corporation (Adcorp), sebuah brand holding company yang bergerak pada penciptaan ekosistem energi hijau, fokus pada industri panel surya terintegrasi.

Keberadaan Adcorp berawal dari pengalaman mereka sebelumnya dalam mengelola katering makanan rumahan yang berawal dari garasi rumah dengan hanya lima karyawan.

Seiring berjalannya waktu, mereka berhasil mengembangkan perusahaan tersebut menjadi industri pengelolaan makanan terintegrasi dari hulu ke hilir. Perusahaan itu mencakup berbagai sektor seperti katering premium, katering industri, restoran, pabrik pengolahan makanan, makanan siap saji, retail, dan distribusi.

Dengan kesuksesan ini, perusahaan tersebut berhasil diakuisisi pada 2022. Dengan pengalaman ini, mereka melihat peluang besar untuk berkembang di industri energi hijau dan menciptakan Adcorp pada 2023.

Menurut Adhia, fondasi yang mendasari keberhasilan mereka adalah membangun sistem, leadership, team work, good corporate governance (GCG), dan prinsip check and balance.

Dimas Beck menekankan pentingnya menjaga kepercayaan dan percaya pada ketidakterbatasan daya seseorang.

I don’t believe in limitations. Selama ada ruang dan kemauan untuk berkembang, pasti akan membuahkan hasil,” kata Dimas Beck.

Keduanya sepakat bahwa meskipun latar belakang mereka berbeda, kolaborasi yang saling melengkapi akan mengatasi segala rintangan yang ada.

Adhia melihat hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam yang melimpah dan kebutuhan global akan energi terbarukan menciptakan peluang yang tidak terbatas, dan dapat menjadi anugerah bagi Indonesia.

Dengan dedikasi dan inovasi, Adcorp berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemimpin dalam industri energi hijau. “Ini tentu saja berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan memberikan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia,” katanya.