Terputar

Title

Artist


Ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan suci ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, menahan diri dari makan dan minum

Ditulis oleh pada Maret 21, 2024

Ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan suci ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, menahan diri dari makan dan minum.

Namun, sering kali saat berbuka puasa, pola makan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan konsumsi gula yang berlebihan, yang pada gilirannya dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Untuk membantu menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan, berikut ini enam tips untuk mengatur asupan gula agar tidak berlebihan, dikutip dari laman Eat Right, Rabu (20/3/2024).

1. Pilih makanan rendah gula
Saat berbuka puasa, prioritaskan konsumsi makanan yang rendah gula seperti buah-buahan segar, sayuran, dan protein nabati atau hewani. Hindari makanan yang mengandung gula tambahan, seperti makanan olahan, minuman bersoda, dan camilan manis.

2. Batasi konsumsi makanan manis
Meskipun mengonsumsi makanan manis adalah kebiasaan yang umum saat berbuka puasa, cobalah untuk membatasinya. Kurangi jumlah kue, permen, dan minuman manis yang Anda konsumsi setelah berbuka puasa.

3. Pilih minuman sehat
Hindari minuman bersoda dan minuman manis lainnya yang tinggi gula. Sebagai gantinya, prioritaskan konsumsi air putih, jus buah alami tanpa tambahan gula, atau infus air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi tanpa menambahkan asupan gula berlebihan.

4. Kontrol porsi makan
Ketika menyantap makanan berbuka puasa, Anda harus bisa mengontrol porsi. Hindari makan secara berlebihan dan pertimbangkan untuk menggunakan piring atau mangkuk kecil, yang berguna membantu mengontrol asupan makanan dan menghindari konsumsi gula berlebihan.

5. Pilih sumber karbohidrat yang sehat
Pilihlah sumber karbohidrat kompleks saat sahur, seperti oatmeal, roti gandum, atau nasi merah. Hindari makanan yang mengandung gula tambahan, seperti sereal dan roti manis.

6. Perhatikan label nutrisi
Ketika membeli makanan olahan atau minuman kemasan, selalu perhatikan label nutrisi untuk memeriksa jumlah gula yang terkandung di dalamnya. Hindari produk dengan tingkat gula tambahan yang tinggi.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengatur asupan gula selama bulan Ramadan dan menjaga kesehatan tubuh tetap optimal.