Terputar

Title

Artist


 Kesepian telah menjadi masalah yang menimbulkan ancaman serius terhadap kesehatan mental dan fisik. Kesepian merupakan perasaan sendirian atau terputus dari orang lain.

Ditulis oleh pada Januari 6, 2024

Kesepian telah menjadi masalah yang menimbulkan ancaman serius terhadap kesehatan mental dan fisik. Kesepian merupakan perasaan sendirian atau terputus dari orang lain.

Rasanya seperti Anda tidak memiliki hubungan yang dekat atau rasa memiliki. Kesepian dan keterasingan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti lingkungan, pendapatan rendah, stres, dan lainnya.

Namun, kesepian tidak boleh terus-menerus dirasakan karena berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini tujuh efek kesepian bagi kesehatan, dikutip dari WebMd, Kamis (4/1/2024).

1. Sistem imun melemah
Kesepian dalam waktu lama bisa menyebabkan tubuh lebih sulit melawan penyakit. Salah satu alasannya karena kesepian memicu beberapa hormon yang diproduksi tubuh saat Anda sedang stres. Hal ini juga dapat menurunkan seberapa baik sistem kekebalan tubuh Anda bekerja.

2. Depresi
Kesepian sering menjadi pemicu depresi dan jika tidak dikontrol dengan baik, depresi dapat berujung pada munculnya keinginan bunuh diri. Gejala depresi meliputi perasaan sedih, putus asa, kecemasan, hampa, kelelahan atau kurang energi, dan hilangnya minat pada aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah berbicara terbuka dengan teman atau pergi ke psikolog agar dapat membantu mengatasi depresi.

3. Risiko terkena alzheimer
Kemampuan Anda untuk memecahkan masalah atau mengingat sesuatu seiring bertambahnya usia kemungkinan besar akan terpengaruh jika Anda merasa kesepian.

Bahkan, Anda mungkin akan memiliki peluang lebih besar terkena penyakit alzheimer. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kesepian menyebabkan kondisi tersebut.

4. Risiko demensia
Kesepian yang dibiarkan berlanjut dapat meningkatkan risiko terkena demensia dan gangguan kognitif lainnya. Anda akan mengalami penurunan kemampuan berkonsentrasi dan pengambilan keputusan. Penting untuk menjaga interaksi sosial guna merangsang otak dan mencegah penurunan fungsi kognitif.

5. Menurunkan kualitas tidur
Kesepian dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman yang bisa membuat seseorang sulit untuk tidur. Jika keadaan terus berulang, kebiasaan itu dapat menyebabkan insomnia yang dapat mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda. Dampaknya, produktivitas akan berkurang dan bahkan dapat membahayakan kesehatan Anda pada akhirnya.

6. Melemahnya daya tahan tubuh
Melemahnya daya tahan tubuh ketika seseorang merasa kesepian dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Kesepian dapat memiliki dampak negatif pada kesejahteraan mental dan fisik, yang pada gilirannya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Orang kesepian menjadi abai dengan kesehatan dan tidak menjaga pola makan yang menyebabkan kekebalan tubuh melemah.

7. Kesehatan jantung yang buruk
Semakin Anda kesepian dalam hidup, semakin besar kemungkinan Anda memiliki kondisi yang memengaruhi kesehatan jantung. Misalnya saja obesitas, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

Wanita yang kesepian lebih berpotensi terkena penyakit jantung koroner. Hal ini karena saat kesepian mereka akan depresi, merokok, atau tidak berolahraga.