Terputar

Title

Artist


 Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah usai. Saatnya memeriksakan kondisi tubuh untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan di tubuh

Ditulis oleh pada Januari 3, 2024

Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah usai. Saatnya memeriksakan kondisi tubuh untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan di tubuh.

Dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia, Luciana Sutanto menekankan perlunya melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up serta mengevaluasi berat badan setelah liburan panjang Nataru.

“Perlu diperiksa kadar lemak darah, gula darah, dan hal lain yang terkait. Misalnya, apakah berat badannya sudah melewati batas sehat atau naik berapa kilogram setelah liburan,” ungkap Luciana, dilansir dari Antara, Rabu (3/1/2024).

Luciana mengungkapkan, kenaikan berat badan seringkali disertai dengan peningkatan kolesterol akibat pola makan yang berlebihan selama berlibur. Aktivitas fisik yang tertunda dan konsumsi makanan berlebihan dapat membuat lingkar perut bertambah. Oleh karena itu, memantau dan mengevaluasi kenaikan berat badan serta rutin melakukan cek kesehatan sangatlah penting.

Untuk memulihkan tubuh dan menjaga kesehatan setelah liburan, Luciana menyarankan untuk kembali mengonsumsi makanan sehat dan bergizi sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan. Jika selama liburan kurang istirahat dan pola makan tidak teratur, Luciana menyarankan untuk cukup beristirahat.

Dokter yang praktik di Rumah Sakit Mitra Keluarga ini menambahkan, jika konsumsi makanan sudah cukup banyak dan gizi seimbang sudah terpenuhi, konsumsi suplemen vitamin dan mineral tidak terlalu dibutuhkan. Pasalnya terlalu banyak mengonsumsi suplemen bisa menjadi racun dalam tubuh.

“Suplemen dosis tinggi harus disesuaikan dengan diagnosis dokter setelah jelas adanya kekurangan,” pesan Luciana.