Terputar

Title

Artist


Olahraga merupakan aktivitas wajib untuk menjaga kebugaran tubuh yang berguna untuk menghindarkan diri dari serangan penyakit, salah satunya penyakit jantung

Ditulis oleh pada Desember 7, 2023

Olahraga merupakan aktivitas wajib untuk menjaga kebugaran tubuh yang berguna untuk menghindarkan diri dari serangan penyakit, salah satunya penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, risiko penyakit jantung berkurang hampir setengahnya pada orang dewasa yang awalnya tidak rutin olahraga, kemudian mulai berolahraga satu jam setiap minggu. Bagi Anda yang ingin memulai gaya hidup sehat, berikut olahraga yang dapat mencegah penyakit jantung.

1. Jalan kaki
Kegiatan yang satu ini memang tidak bisa dibilang salah satu dari kegiatan olahraga. Namun, jalan kaki merupakan kegiatan dengan intensitas rendah tetapi berdampak besar kepada kesehatan jantung.

Pasalnya, jalan kaki dapat menguatkan otot jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan detak jantung. Mafaatnya, aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar.

Sebuah studi menunjukkan bahwa jalan kaki selama 30 menit setiap hari, selama lima hari seminggu, dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebanyak 19 persen.

2. Latihan sirkuit
Latihan sirkuit merupakan jenis olahraga yang menggabungkan kekuatan, kecepatan dan fleksibilitas. Contoh dari olahraga ini adalah push up, sit up, flank, lompat tali dan lainnya.

Latihan sirkuit disarankan bagi penderita penyakit jantung karena dianggap dapat meningkatkan kekuatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

3. Renang
Olahraga renang dapat membuat paru-paru dan jantung menjadi lebih sehat. Pasalnya, gerakan-gerakan pada olahraga renang dapat menguatkan dan memperbesar fungsi jantung. Penyakit jantung koroner dan tekanan darah dapat dikurangi dengan melakukan renang selama 30 menit setiap hari.

4. Lari
Lari merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan dan bisa dilakukan siapa saja. Rajin melakukan olahraga lari secara rutin dan efektif, akan memberikan dampak positif kepada sistem kerja jantung.

5. Angkat beban
Latihan angkat beban atau barbel ternyata baik untuk jantung. Latihan ini tidak hanya dapat membakar lemak dan membangun massa otot, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan jantung.

6. Bersepeda
Kegiatan mengendarai sepeda secara rutin dan teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan penyakit-penyakit serius, salah satunya penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan oleh British Medical Association menemukan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga lima puluh persen. Bersepeda 32 km setiap minggu mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen, meningkatkan detak jantung, dan meningkatkan pembakaran kalori.