Terputar

Title

Artist


Mereka bisa terpapar bahan berbahaya yang dapat merugikan kesehatan serius. Disitat dari berbagai sumber, berikut deretan penyakit yang dialami pekerja kantoran, dan cara mencegahnya

Ditulis oleh pada Oktober 27, 2023

Banyak orang yang ingin bekerja di kantor karena terlihat nyaman, terutama karena mereka hanya perlu duduk. Pekerja kantoran biasanya bekerja dari jam 09.00 hingga 17.00.

Namun, kenyataannya, pekerja kantoran bisa menghadapi risiko kesehatan. Menurut SHRM, ribuan pekerja kantoran mengalami cedera atau masalah kesehatan setiap tahun.

Mereka bisa terpapar bahan berbahaya yang dapat merugikan kesehatan serius. Disitat dari berbagai sumber, berikut deretan penyakit yang dialami pekerja kantoran, dan cara mencegahnya.

Ketegangan Mata
Ketegangan mata bisa terjadi karena terlalu sering menatap layar komputer, menyebabkan mata lelah, kering, dan kesulitan fokus. Cara mengatasinya adalah mengatur posisi monitor, mengurangi pencahayaan layar, dan menghindari font terlalu kecil.

Selain itu, Anda juga perlu mengistirahatkan mata setiap jam selama 10 menit.

Sindrom Terowongan Karpal
Sindrom ini terjadi akibat gerakan berulang di pergelangan tangan, seperti mengetik. Untuk mencegahnya, lakukan peregangan dan pastikan posisi tangan Anda nyaman saat mengetik.

Gangguan Punggung Bawah
Gangguan pada punggung bawah bisa terjadi karena Anda duduk berjam-jam, seperti duduk dengan posisi yang tidak benar, membungkuk, duduk terlalu tegak, dan duduk terlalu melengkungkan punggung.

Cara pencegahan dengan menyadari postur tubuh saat duduk, berolahraga secara teratur, mengurangi tekanan pada punggung bagian bawah, dan pastikan sering berdiri.

Paparan Medan Listrik dan Magnet Frekuensi Sangat Rendah
Paparan ini bisa disebut juga paparan radiasi, yang berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker.

Cara mencegahnya dengan menjaga jarak dari benda-benda yang mengeluarkan emisi, seperti ponsel, tablet, atau perangkat elektronik lainnya dari saku Anda.

Penyakit Jantung
Jam kerja panjang dan kurangnya aktivitas fisik bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Menurut ilmuwan Inggris yang dilansir dari Pacific Prime, mereka yang bekerja 10 hingga 11 jam di kantor akan memiliki resiko 67% lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Pencegahan dilakukan dengan meluangkan waktu untuk beristirahat, seperti makan siang, dan berjalan santai selama 15 menit. Serta tidak lupa perbanyak minum air putih.