Terputar

Title

Artist


 Donor darah sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Terkadang, donor darah menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan beberapa masyarakat

Ditulis oleh pada September 5, 2023

Donor darah sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Terkadang, donor darah menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan beberapa masyarakat. Selain memiliki banyak manfaat, donor darah juga dapat membantu pasien-pasien yang membutuhkan.

Palang Merah Indonesia (PMI) sering melakukan kerjasama dengan berbagai macam instansi untuk melakukan donor darah, dan Rangkaian kegiatan donor darah ini, gratis alias tanpa dipungut biaya sepeserpun. Tapi, kenapa setiap orang yang membutuhkan darah harus mengeluarkan sejumlah biaya? untuk apa biaya tersebut? apakah PMI menjual darah?

Dalam saluran Podcast PMI TV Garut, sekretaris PMI Kabupaten Garut Iwan Riswandi mengungkapkan bahwa biaya yang diminta oleh PMI bukan sebagai transaksi jual-beli. Melainkan digunakan untuk biaya operasional seperti pemeliharaan, pengolahan darah, perekrutan donor, pengadaan kantung, pemeriksaan Hb, uji saring penyakit, uji cocok serasi, penggantian alat, pemeliharaan, bahan pakai medis dan nonmedis dan yang paling penting uji kelayakan bebas penyakit HIV.

Pengambilan darah dari pendonor tidak semata hanya ambil lalu diberikan kepada yang membutuhkan, tetapi semua itu memiliki Rangkaian yang ketat dan memakan waktu yang lama. Tahap setelah darah diambil dari pendonor adalah dengan menguji kelayakan darah bebas dari HIV, malaria dan hepatitis, tahapan ini memakan waktu kurang lebih enam jam. Lalu setelah melalui rangkaian pengujian darah, darah baru bisa ditransfusikan.

“Untuk pengujian darah apakah darah itu sehat atau tidak, dan itu jika biayanya di luar dari PMI lumayan mahal. Sebetulnya PMI tidak membebankan masyarakat, tetapi lebih kepada mengganti biaya pengolahannya saja, dari pengambilan sampai proses yang siap di transfusikan,” ujar Iwan.

Maka, biaya yang dikeluarkan adalah sebagai ongkos pemeliharaan dan pengolahan darah, dengan adanya penjelasan ini semoga bisa memberikan informasi dan meluruskan kesalahpahaman mengenai PMI menjual darah.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan