Terputar

Title

Artist


Jus ceri akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan. Ceri tart dikenal sebagai ceri montmorency, ceri kerdil, atau ceri asam

Ditulis oleh pada Juli 29, 2023

Jus ceri akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan. Ceri tart dikenal sebagai ceri montmorency, ceri kerdil, atau ceri asam. Tidak seperti ceri manis yang dapat dinikmati langsung, ceri ini biasanya dinikmati dalam berbagai bentuk, seperti dikeringkan, dibekukan, dijadikan bubuk, atau dijadikan jus.

Sebagian besar ceri tart dimanfaatkan untuk keperluan memasak dan pembuatan kue, sementara beberapa produk ceri tart dipasarkan dengan tujuan kesehatan tertentu. Banyak orang menggunakannya untuk mengurangi rasa sakit pada otot setelah berolahraga dan meningkatkan kualitas tidur. Adapun banyak nutrisi yang terkandung dalam ceri tart, seperti protein, kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral.

Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung, berikut adalah 10 manfaat jus ceri tart yang dilansir dari Pinkvilla Jumat (27/7/2023).

1. Mengurangi Kerusakan Otot
Bagi orang-orang yang suka beraktivitas, mengonsumsi jus ceri asam merupakan cara tepat. Konsumsi jus ceri asam telah terbukti mengurangi nyeri otot dan meningkatkan kekuatan otot.

Selain itu, konsentrat jus ceri asam dan suplemen juga telah terbukti dapat meningkatkan kekuatan otot, mengurangi kerusakan otot, mengurangi nyeri otot, dan membantu dalam proses pemulihan setelah latihan ketahanan. Hal ini adalah cara alami yang efektif untuk merasa lebih baik setelah beraktivitas.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur
Jus ceri asam dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi masalah insomnia. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus ini dapat meningkatkan waktu tidur dan efisiensi tidur bagi penderita insomnia.

Kunci keberhasilannya terletak pada kandungan jus ceri tart yang meningkatkan ketersediaan triptofan, sebuah asam amino yang dapat berubah menjadi serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter yang berperan dalam meningkatkan suasana hati dan membantu mengatur tidur. Selain itu, serotonin juga dapat mengubah menjadi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun, dan sering digunakan dalam pengobatan insomnia.

3. Mengurangi Peradangan Sendi
Pada sebuah penelitian, ekstrak ceri tart terbukti secara signifikan dapat mengurangi biomarker inflamasi yang biasanya terkait penyakit kronis. Penelitian juga menunjukkan bahwa ceri tart dapat memberikan kelegaan dengan mengurangi kekakuan dan ketidaknyamanan pada kondisi seperti radang sendi dan masalah nyeri sendi lainnya.

4. Meredakan Gejala Asam Urat
Terdapat penelitian yang mengkaji pengaruh jus ceri asam terhadap asam urat. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa minum jus ceri tart dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah, yang dapat memicu serangan asam urat ketika berada dalam jumlah tinggi. Selain itu, mengonsumsi ceri segar atau jus ceri asam secara rutin juga dikaitkan dengan penurunan risiko frekuensi dan tingkat keparahan serangan asam urat.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sama seperti sayur pada umumnya, ceri tart diyakini memiliki efektivitas tinggi dalam mencegah infeksi karena kandungan antioksidannya tinggi, termasuk flavonoid yang berperan dalam melawan infeksi.

Sebuah studi tentang jus ceri montmorency menunjukkan bahwa setelah mengikuti lari maraton, pelari yang mengonsumsi jus ceri tart memiliki lebih sedikit penanda stres, kekebalan tubuh lebih baik, dan peradangan lebih rendah. Selain itu, peminum jus ceri asam juga tidak mengalami gejala atau infeksi saluran pernapasan bagian atas.

6. Melawan Kerusakan Oksidatif
Manfaat utama jus ceri asam terletak pada kandungan antioksidannya. Jus ini bermanfaat dalam mengurangi stres oksidatif. Hal ini terkait dengan berbagai penyakit kronis dan penuaan dini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jus ceri asam meningkatkan pertahanan antioksidan pada orang dewasa, meningkatkan kemampuan mereka untuk mengurangi kerusakan oksidatif. Kandungan antioksidan seperti antosianin dalam ceri tart dapat secara langsung menetralkan radikal bebas dengan memberikan elektron, sehingga memberikan perlindungan dari kerusakan oksidatif.

7. Kesehatan Otak
Ceri tart dan jusnya memiliki banyak oksidan dan senyawa yang dapat melindungi sel-sel otak. Antioksidan ini dapat membantu dalam mengatasi gangguan otak degeneratif seperti parkinson dan alzheimer yang berhubungan dengan stres oksidatif. Penelitian menyatakan orang dewasa yang minum jus ceri asam selama 12 minggu menunjukkan kinerja memori yang lebih baik dalam mempelajari sesuatu.

8. Tekanan Darah Lebih Sehat
Ceri asam penuh dengan antioksidan kuat seperti proanthocyanin, antosianin, dan flavonol. Senyawa tanaman ini membantu mengurangi tekanan darah sistolik. Selain itu, ceri tart juga mengandung kalium yang dapat menjaga tekanan darah Anda tetap sehat dan mengurangi kemungkinan stroke.

9. Memiliki Sifat Anti-Kanker
Jus ceri tart mengandung antioksidan seperti antosianin yang memiliki potensi untuk mempengaruhi gen yang terkait dengan kanker. Meskipun demikian, pengujian langsung pada manusia masih diperlukan, dan penelitian lebih lanjut dengan kualitas tinggi diperlukan untuk memverifikasi manfaat ini.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan
Jus ceri tart tidak dapat menurunkan berat badan dalam waktu cepat, tetapi dapat mendukung upaya penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian pada hewan pada tahun 2009, bubuk ceri asam ditemukan dapat mengurangi berat badan, lemak perut, dan kadar kolesterol darah. Namun, penelitian pada manusia lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal ini.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan