Terputar

Title

Artist


Terdapat banyak cara terbaik memulai pagi untuk merawat diri secara fisik maupun mental

Ditulis oleh pada September 13, 2024

Terdapat banyak cara terbaik memulai pagi untuk merawat diri secara fisik maupun mental. Salah satunya adalah dengan mandi air dingin pada pagi hari. Hal ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menyegarkan tubuh sebelum memulai aktivitas.

Dilansir dari The Hindustan Times pada Jumat (13/9/2024), sebelum berangkat bekerja atau sekolah, rata-rata orang memilih mandi terlebih dahulu pada pagi hari. Namun, pastikan untuk mandi dengan air dingin agar mendapatkan manfaat luar biasa, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Berpindah dari air panas ke air dingin saat mandi pada pagi hari dapat menstimulasi sel darah yang berfungsi melawan infeksi. Kebiasaan ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

2. Mengurangi depresi
Terapi menggunakan air dingin memberikan manfaat bagi kesehatan mental dan emosional. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mandi air dingin setiap pagi mengalami penurunan gejala depresi.

Selain itu, terapi ini juga dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengatasi kecemasan. Untuk itu, rata-rata orang yang mandi pada pagi hari menggunakan air dingin mood yang  dirasakan menjadi lebih baik.

3. Memperbaiki sirkulasi darah
Mandi air dingin membuat tubuh secara alami berusaha menjaga suhu inti sehingga memperbaiki sirkulasi darah. Ini membantu distribusi oksigen yang lebih baik dalam tubuh dan mempercepat pemulihan otot setelah berolahraga.

4. Mempercepat metabolisme
Ketika tubuh terkena air dingin, energi yang dikeluarkan untuk menjaga suhu inti tetap stabil dan menyebabkan pembakaran kalori ringan. Hal ini dapat membantu meningkatkan atau  mempercepat laju metabolisme pada tubuh.

5. Mengurangi peradangan
Suhu dingin dari air mandi dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga darah lebih banyak dipompa menuju organ-organ vital.

Ketika suhu tubuh kembali normal, pembuluh darah melebar dan membawa darah yang kaya oksigen ke jaringan tubuh yang pada akhirnya dapat membantu mengurang peradangan, terutama akibat nyeri otot.