Terputar

Title

Artist


Cipadang Gedong Tataan Gelar Syukuran di Tahun Baru Islam 1446 H dan Hari Jadi Desa ke 1 Abad

Ditulis oleh pada Agustus 2, 2024

DRadioQu.com, PESAWARAN – Bersamaan dengan tahun baru Islam di Bulan Muharam 1446 Hijriah ini, Desa Cipadang Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran rayakan hari jadi Desa Ke 1 Abad ditahun 2024 bersama warga sekitar dari segala unsur di Aula desa setempat.

Kegiatan tersebut rutin mereka lakukan disetiap tahunnya sebagai bentuk Syukur sembari mengenang dan mengirim doa kepara leluhur, tokoh dan pejuang bangsa.

Dalam sambutannya Kades Cipadang (Sugianto) mengatakan, untuk merayakan kemerdekaan hari ini kita tidak dituntut untuk memanggul senjata, juga tidak dituntut mengeluarkan darah yang banyak, cukup mengisinya sebagai generasi penerus ini dengan banyak hal yang positif sebagai bentuk dan wujud kecintaan dan kepedulian kita ke bangsa Indonesia ini, Kamis (01/08/2024).

Sebelum resepsi dimulai, nampak Kades Sugianto dan istri dijemput dari kediamannya oleh Persatuan Pencak Silat TTKKDH Maung Bodas Desa Cipadang dan Komunitas Jeep Wilis dengan dipimpin Damita Azis langsung yang mengendarainya menuju Balai Desa.

Dalam rangkaian acara, seperti pada umumnya diisi dengan berbagai sambutan, lantunan ayat suci Alquran, tausiah atau ceramah sebagai siraman rohani hingga doa yang selanjutnya diakhiri dengan makan bersama dengan seluruh undangan yang hadir mulai dari tokoh agama, masyarakat, Bhabinsa, Lembaga-lembaga Swadaya, aparatur desa hingga seluruh warga yang ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Zaini, yang mengaku salah satu tokoh masyarakat didesanya, merasa senang dengan kebersamaan yang telah terbangun didesanya ini hingga hal baik seperti ini bisa mereka gelar disetiap tahunnya.

“Saya harap sih, kegiatan semacam ini terus digerakkan lagi kedepan dengan terus melakukan pembenahan untuk menjadi semakin lebih baik lagi. Kami selalu mendukung Pemdes Cipadang ini, terlebih jika hal itu demi kebaikan kita semua”, ucap Tomas itu.

Sementara Sugi, saat diwawancara awak media usai kegiatan berjalan, yang didampingi oleh salah seorang aparatur (Legiman/Egi) Bhabinsa (Usman) Ketua LSM Garda P3R Pesawaran (Sabturizal), dengan santun memaparkan.

“Saat ini kami mengadakan Syukuran, bersama perangkat, tokoh masyarakat dan warga atas hari jadinya desa kami ini yang bertepatan dengan Bulan Muharam 1446 Hijriah. Kedepan kami berharap terus hijrah dari hari ke hari menjadi insan yang selalu lebih baik”, ucap Sugi yang nampak padat makna itu.

Usai gelaran kegiatan itu dilaksanakan, nampak sang Kades menyapa para warganya dengan hangat hingga nampak pula kerukunan antar warganya itu benar-benar telah terjalin didesa ini. (brm)