Terputar

Title

Artist


Rayakan Tahun Baru Islam Pemdes Bogorjo Syukuran Dengan Gelar Gerebek Suro

Ditulis oleh pada Juli 30, 2024

DRadioQu.com, PESAWARAN – Menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1446 Hijriah, Pemerintah Desa Bogorejo Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran menggelar acara Gerebek Suro, Senin (29/07/2024).

Dalam pawai tersebut warga menampilkan gunungan tumpeng kreatif yang dihiasi beraneka ragam hasil panen bumi yang ada di Desa Bogorejo.

Menurut keterangan warga yang ikut hadir menyemarakkan kegiatan itu, bahwa acara ini memang rajin mereka lakukan disetiap tahunnya.

“Semoga kegiatan yang terus kami lakukan secara berkesinambungan disetiap tahunnya ini yang bertepatan di Bulan Suro, Desa Bogorejo dijauhkan dari balak, bencana dan masyarakatnya mendapatkan barokah, keselamatan”, ucapnya singkat.

Pernyataan warga tersebut didukung Kepala Desa Bogorejo, Hermansyah, yang menurutnya kegiatan rutin itu dilakukan untuk merayakan hasil panen bumi yang ada di Desa Bogorejo.

“Kita adakan Karnaval Pawai Budaya ini, hanya berkeliling dusun Desa Bogorejo saja, karena ini menjadi salah satu sorotan utama dalam perayaan kali ini”, kata Herman.

“Tentunya, ini adalah momen bersyukur masyarakat Desa Bogorejo yang disatukan dalam suatu kegiatan tradisi budaya”, ungkap Kades itu.

“Dengan demikian harapannya, dengan rasa syukur yang besar akan menambah rasa cinta desa dan daerah yang kuat, karena ini akan menjadi modal dalam membangun desa dan daerah pesawaran”, imbuh Herman yang nampak ikhlas menyampaikan.

Selain itu menurut Herman, kegiatan rutin ini yang paling utama adalah mempererat ajang silaturahmi, menjaga kerukunan dan kekompakan antar warganya, serta menggali kembali cikal bakal adat yang ada di Desa Bogorejo. Sembari mengenang dan mendoakan para leluhur yang telah almarhum, atas jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan dusun dan Desa Bogorejo. (brm/tim)