Terputar

Title

Artist


Air putih merupakan elemen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan secara optimal

Ditulis oleh pada April 18, 2024

Air putih merupakan elemen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan secara optimal. Karenanya, diperlukan waktu terbaik untuk mengonsumsi air putih setiap harinya.

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60-70% cairan, yang memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, membuang limbah dan racun, menjaga suhu tubuh, melumasi sendi dan organ, menjaga kesehatan pencernaan dan kulit, serta membantu fungsi otak.

Kekurangan asupan air putih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kelelahan, sakit kepala, sembelit, pusing, kulit kering, penurunan konsentrasi, pembentukan batu ginjal, infeksi saluran kemih, dan masalah lainnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda minum cukup air putih setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Berikut ini waktu terbaik untuk minum air putih setiap hari, yang dikutip dari Everyday Health, Rabu (17/4/2024).

1. Sebelum tidur
Minum air putih sebelum tidur membantu meningkatkan kualitas tidur dan menjaga tubuh terhidrasi. Dengan mengonsumsi air putih sebelum tidur, juga dapat membuang racun yang membuat Anda merasa lebih segar saat bangun tidur.

2. Setelah bangun tidur
Ketika Anda bangun tidur, tubuh kehilangan cairan melalui keringat, pernapasan, dan buang air kecil. Minum 1-2 gelas air putih segera setelah bangun tidur dapat mengganti cairan yang hilang dan menghidrasi tubuh kembali.

Hal ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu pembakaran kalori, melonggarkan usus, memperlancar pencernaan, dan mencegah sembelit.

3. Sebelum dan sesudah makan
Minum air putih sebelum dan sesudah makan dapat membantu Anda merasa kenyang dan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Minumlah 1 gelas air putih 30 menit sebelum makan dan 1 gelas setelah makan. Langkah tersebut membantu dalam penurunan berat badan atau menjaga berat badan ideal.

4. Menjelang sore hari
Minum air putih saat menjelang sore membantu mengganti cairan yang hilang dan menjaga tubuh terhidrasi. Hal itu juga membantu meningkatkan konsentrasi, menjaga kulit terhidrasi, serta membuat kulit terlihat lebih cerah dan awet muda.

5. Sebelum dan sesudah berolahraga
Olahraga dapat menyebabkan dehidrasi karena keringat. Cobalah untuk minum air putih sebelum berolahraga untuk menjaga tubuh terhidrasi.

Minumlah 1 gelas air putih 30 menit sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Hal ini membantu meningkatkan performa, mencegah kelelahan, dan mempertahankan stamina.