Terputar

Title

Artist


Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Moh Adib Khumaidi SpOT menyatakan, puasa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh

Ditulis oleh pada Maret 13, 2024

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Moh Adib Khumaidi SpOT menyatakan, puasa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk itu ia menganjurkan, agar pasien dengan penyakit tertentu untuk melakukan puasa.

Salah satunya adalah pasien diabetes. Adib mengatakan, puasa dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh pada pasien diabetes sehingga dapat memitigasi komplikasi.

“Jadi yang sering menjadi contoh, kemudian memberikan dampak efek yang bagus pada saat kita referensikan harus berpuasa itu yang pertama adalah pada pasien-pasien yang diabetes,” kata Adib kepada Beritasatu.com, Selasa (12/3/2024).

Ia menyebut, kini kasus diabetes sudah cukup tinggi kasus karena didukung juga oleh deteksi dini dan edukasi kepada masyarakat sehingga kasus diabetes melitus ini cukup tinggi.

“Hal itu jadi salah satu referensi yang kemudian dijadikan dasar untuk mendukung kesehatan, tentu mengontrol gula darahnya itu adalah dengan berpuasa,” jelasnya.

Selanjutnya, pasien dengan gangguan pencernaan juga disarankan dokter untuk berpuasa. Sebab, puasa dapat melancarkan proses pencernaan dan memudahkan penyerapan sari-sari makanan, serta menstabilkan proses masuknya makanan secara berlebihan.

Konteksnya di sini dengan gangguan pencernaan ini bukan berarti kemudian meningkatkan asam lambung. Kami bisa memberikan penjelasan dengan baik, yakni dengan diberikan cara pola dietnya dengan baik, maka itu juga dapat mendukung (penyembuhan) dan salah satunya disarankan dengan berpuasa, tapi ini juga harus ada konsultasi dengan dokter,” tutur Adib.

Ia menjelaskan, puasa mampu untuk meremajakan dan mengembalikan vitalitas pada berbagai macam sel dan jaringan dalam tubuh. Hal ini juga baik untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan kulit.