Terputar

Title

Artist


Saat menjalani ibadah puasa, umat muslim memang dilarang mengonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam

Ditulis oleh pada Maret 12, 2024

Saat menjalani ibadah puasa, umat muslim memang dilarang mengonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam. Namun karena selama proses puasa itu tubuh tetap beraktivitas, kita sebenarnya membutuhkan asupan cairan agar tidak dehidrasi.

Bagaimana cara menjaga asupan cairan tubuh agar kita tidak dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa?

Sejumlah dokter telah menganjurkan, untuk meminum air delapan gelas sehari meski dalam bulan puasa dengan menerapkan pola pembagian waktu saat kita minum air putih 2-4-2 .

Berikut anjuran sejumlah dokter terkait pola pembagian waktu 2-4-2 saat menjalankan ibadah puasa tanpa khawatir dehidrasi yang dikutip Beritasatu.com dari berbagai sumber, Senin (11/3/2024).

Minum 2 Gelas Air Putih Saat Berbuka

Saat berbuka puasa, dianjurkan untuk meminum air putih hangat saat pertama kali berbuka dan pastikan untuk minum setidaknya dua gelas air putih atau lebih secara berkala, sesuai dengan kebutuhan. Minum air putih saat berbuka puasa bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas di tengah puasa, baru setelah itu menyantap hidangan berbuka dengan kadar yang cukup dan tidak berlebih.

Minum 4 Gelas Air Putih Saat Makan Malam

Seusai menyantap hidangan berbuka puasa, disarankan untuk meminum air putih secara berkala pada saat malam hari hingga menjelang tidur. Sebanyak empat gelar air putih dikonsumsi dengan pembagian 1 gelas sebelum makan, 1 gelas setelah makan, 1 gelas setelah menjalankan ibadah salat tarawih, dan 1 gelas menjelang tidur.

Dengan pembagian ini, kita dapat melancarkan proses pencernaan makanan yang kita konsumsi saat berbuka puasa.

Minum 2 Gelas Air Putih Saat Sahur

Selesai istirahat malam, mengonsumsi hidangan sahur dianjurkan setidaknya minum dua gelas air putih. Kita bisa membaginya menjadi satu gelas saat baru bangun tidur dan sebelum menyantap hidangan sahur, dan segelas lagi setelah makan sahur. Hal ini agar mencegah dehidrasi saat beraktivitas di bulan Ramadan dan agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi.

Selain air putih, sejumlah dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi minuman lain untuk membantu menjaga kesehatan dan agar kadar cairan tubuh tetap terjaga seperti dengan minum air kelapa, teh manis hangat, madu dan jus buah. Karena minuman yang memiliki rasa manis dapat mengembalikan energi tubuh dan menghindari kita dari rasa lemas.

Tak hanya air putih dan minuman manis, asupan makanan sehat lainnya juga perlu diperhatikan. Dengan begitu, puasa akan berjalan lancar dan kesehatan tubuh selalu terjaga.