Terputar

Title

Artist


Berikut ini enam kasus obesitas mengerikan yang pernah terjadi di dunia.

Ditulis oleh pada Maret 6, 2024

Obesitas dapat menjadi masalah kesehatan bagi seseorang, ditandai oleh penumpukan berlebihan dari lemak tubuh yang bisa meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit.

Dilansir dari laman World Health Organization (WHO), pada 2022, lebih dari 1 miliar orang di dunia sekarang hidup dengan obesitas. Saat ini, penyakit obesitas telah menjadi perhatian global karena kasusnya yang terus meningkat setiap tahunnya.

Berikut ini enam kasus obesitas mengerikan yang pernah terjadi di dunia.

1. Jon Brower Minnoch
Pria asal Bainbridge, Amerika Serikat (AS), ini memiliki berat badan 650 kilogram. Dilansir dari The Sun, obesitasnya tersebut hampir mengancam nyawanya karena menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gagal jantung.

Setelah melewati berbagai perawatan medis termasuk diet ketat, Minnoch tidak berhasil mengurangi berat badannya karena sudah sangat ekstrem. Pada 1983, Minnoch meninggal dunia dengan berat badan 361 kilogram.

2. Manuel Uribe
Manuel Uribe merupakan seorang pria asal Meksiko yang memiliki berat hampir 560 kilogram. Uribe juga menghadapi berbagai masalah kesehatan serius yang disebabkan oleh obesitasnya.

Uribe sempat menjalani perawatan dan diet. Ia berhasil menurunkan berat badannya menjadi 381 kilogram. Sayangnya, Uribe meninggal karena serangan jantung pada 2014.

3. Andres Moreno
Pria asal Meksiko yang memiliki berat 435 kilogram ini melawan obesitas dengan perawatan medis. Berharap dapat mengurangi berat badannya, Moreno mengalami kesulitan bernapas dan meninggal saat perjalanan menuju rumah sakit.

4. Eman Ahmed Atti
Perempuan asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab memiliki berat badan 501 kilogram. Obesitas yang dialaminya membawa kepada kematian. Sebelum meninggal, Atti harus menerima perawatan dan menjalani operasi.

Dia pernah berhasil menurunkan berat badannya hingga menjadi 300 kilogram. Sayangnya kondisi memburuk dan Atti meninggal karena disfungsi ginjal dan penyakit jantung.

5. Keith Martin
Keith Martin adalah pria asal London, yang memiliki berat lebih dari 350 kilogram. Dia pernah menjalani operasi penurunan berat badan drastis pada 2023, untuk mengurangi ukuran perutnya.

Setelah berjalan dua tahun perjuangannya, Martin dinyatakan meninggal dunia karena pneumonia yang dideritanya. Pneumonia merupakan infeksi radang paru-paru atau yang biasa dikenal dengan paru-paru basah.
6. Juan Pedro Franco
Juan Pedro Frano, pria asal Meksiko ini pernah mengalami obesitas mengerikan dan nyaris meninggal. Franco memiliki berat 595 kilogram. Semasa hidupnya, Franco menghadapi berbagai masalah kesehatan serius yang disebabkan oleh kondisi obesitasnya. Dengan bantuan perawatan dan diet, Franco berhasil menghadapi obesitasnya.