Terputar

Title

Artist


Musim hujan sering kali menjadi saat yang rentan bagi tubuh terserang penyakit. Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh selama musim hujan

Ditulis oleh pada Maret 2, 2024

Musim hujan sering kali menjadi saat yang rentan bagi tubuh terserang penyakit. Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh selama musim hujan, Anda wajib mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi penting.

Selain itu, menjaga pola makan yang sehat juga menjadi kunci penting untuk  tubuh Anda. Berikut ini delapan buah yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

1. Blueberry
Salah satu alasan mengapa blueberry masuk dalam daftar makanan super sehat karena kandungan flavonoid yang disebut antosianin dan berbagai khasiatnya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Appalachian State University, University of Montana, Texas Woman’s University, dan Vanderbilt University, menunjukkan makan blueberry dapat melipatgandakan jumlah sel pembunuh alami dalam aliran darah.

Dalam penelitian tambahan juga menyatakan, flavonoid yang ditemukan dalam blueberry dapat membantu mengurangi infeksi saluran pernapasan atas karena sifat antivirus tersebut.

Buah beri secara umum juga kaya akan antioksidan dan dapat membantu melawan radikal bebas yang berkontribusi terhadap penuaan. Disarankan untuk memprioritaskan buah beri dengan warna lebih gelap, seperti blueberry atau blackberry, karena buah tersebut lebih kaya antioksidan.

2. Jeruk
Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Buah ini juga dianggap sebagai salah satu buah terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sekitar 70% kebutuhan harian vitamin C bisa Anda dapatkan dari satu buah jeruk.

Sama dengan buah beri, jeruk juga mengandung antioksidan yang mencegah penyakit musiman, membantu melawan radikal bebas, dan mencegah masuk angin.

3. Stroberi
Stroberi mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan imun tubuh, kaya akan vitamin C dan merupakan antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan antioksidan dalam stroberi membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Vitamin A dan beta karoten juga berperan dalam menjaga kesehatan mata, rambut, serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, Anda dapat memperoleh manfaat nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan secara menyeluruh.

4. Kiwi
Anda mungkin mengira hanya jeruk yang kaya akan vitamin C, tetapi ada buah lainnya yang juga bisa memberikan dosis lebih dari itu, yaitu kiwi. Buah yang berwarna hijau ini mengandung 71% dari asupan nutrisi utama harian yang Anda konsumsi.

Ahli diet dan ahli gizi makanan di Pritikin Longevity Center + Spa, Lon Ben-Asher mengatakan, kiwi berfungsi untuk menangkal berbagai patogen dengan membantu meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga membantu mencegah infeksi dan menghambat penyakit. Buah kiwi juga mengandung vitamin E, folat, karotenoid, dan polifenol.

5. Apel
Apel juga menjadi salah satu buah andalan untuk menunjang kesehatan tubuh Anda. Dengan mengonsumsi apel setiap hari akan meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi penyakit, dan meningkatkan kemampuan fisik untuk melawan demam musiman.

Apel secara alami mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan serat. Semua kandungan ini dapat membantu menjauhkan Anda dari penyakit.

6. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak tidak jenuh tunggal yang dikenal sebagai lemak baik, serat, karbohidrat, dan protein yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Alpukat juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah.

Mengonsumsi alpukat secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat, Anda dapat mendapatkan manfaat nutrisi yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara menyeluruh.

7. Pepaya
Buah pepaya mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda. Pepaya kaya akan vitamin A, C, dan E yang sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh serta daya tahan tubuh.

Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan, seperti karotenoid dan likopen yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan enzim papain dalam pepaya membantu melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

8. Anggur
Anggur mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Dalam satu buah anggur, terdapat vitamin C yang cukup tinggi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kandungan resveratrol dan saponin dalam anggur memiliki sifat antihistamin yang dapat membantu meringankan gejala alergi. Bahkan, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menangkap radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel-sel, protein, dan DNA dari kerusakan.