Terputar

Title

Artist


Untuk membantu Anda menjalankan diet dengan baik, berikut adalah daftar lima buah tinggi karbohidrat mengutip laman Medical News Today,

Ditulis oleh pada Desember 11, 2023

Vitamin buah memang penting untuk tubuh, tetapi tahukah Anda bahwa beberapa buah juga mengandung tinggi karbohidrat?

Buah-buahan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi sebenarnya bisa menjadi alternatif yang baik sebagai asupan makanan dalam program diet. Ini karena mengonsumsi buah-buahan dapat memberikan tubuh asupan nutrisi yang seimbang.

Namun, bagi mereka yang masih ingin memasukkan sumber karbohidrat lain seperti nasi dalam diet mereka, perlu diingat bahwa tidak semua buah yang tinggi karbohidrat cocok untuk program diet. Beberapa buah tinggi karbohidrat bisa menggagalkan upaya diet Anda.

Untuk membantu Anda menjalankan diet dengan baik, berikut adalah daftar lima buah tinggi karbohidrat mengutip laman Medical News Today, Rabu (13/9/2023):

1. Pisang
Pisang seringkali menjadi salah satu pilihan pertama yang terlintas ketika berbicara tentang buah dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Sebuah pisang berukuran sedang dapat mengandung sekitar 26,9 gram karbohidrat. Buah ini dianggap sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh.

Tidak hanya itu, pisang juga kaya akan kalium serta vitamin A dan C. Menurut penelitian dari sumber terpercaya, asupan kalium dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

2. Mangga
Mangga adalah salah satu buah tropis yang tinggi kadar gula, sehingga juga dapat dikategorikan sebagai buah tinggi karbohidrat. Dalam satu cangkir buah mangga potong, Anda dapat menemukan sekitar 28 gram karbohidrat. Mengonsumsi mangga juga bisa meningkatkan asupan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 dalam tubuh Anda.

3. Apel
Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) memperkirakan bahwa satu apel sedang mengandung sekitar 20,6 gram karbohidrat. Selain itu, apel juga mengandung vitamin A dan C, kalium, serta serat.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan wanita yang lebih tua, apel dapat membantu mengurangi risiko kematian terkait penyakit, termasuk risiko kematian akibat kanker.

4. Kurma
Di Indonesia, kurma seringkali dikonsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Namun, sebenarnya kurma juga bisa menjadi pilihan camilan yang baik dalam program diet. Ini karena buah kurma memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Dalam satu buah kurma, Anda bisa menemukan sekitar 18 gram karbohidrat. Selain itu, kurma juga diyakini mengandung serat, kalsium, fosfor, kalium, serta vitamin A yang baik untuk tubuh Anda.

5. Kismis
Kismis adalah anggur yang sudah dikeringkan yang sering digunakan sebagai tambahan pada sereal batangan, salad, yogurt, atau granola. Satu cangkir kismis mengandung sekitar 130 gram karbohidrat. Kismis juga mengandung kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium.

Tidak hanya itu, kismis juga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh karena mengandung antioksidan alami.

Semua buah-buahan di atas memiliki manfaat masing-masing dan dapat menjadi bagian yang baik dari diet seimbang Anda. Namun, selalu penting untuk mengonsumsinya dengan porsi yang sesuai dan sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan teratur. Semoga daftar ini membantu Anda dalam menjalankan program diet Anda dengan lebih efektif.