Terputar

Title

Artist


Dilansir dari laman Times of India, berikut ini jenis kanker atau tumor yang sering menyerang anak-anak.

Ditulis oleh pada Desember 3, 2023

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya, meski tidak menular. Perlu diingat pula, penyakit ini juga dapat tumbuh paling cepat dan tidak luput menyerang anak kecil.

Jika tidak melakukan pemeriksaan secara medis, umumnya kanker akan sulit terdeteksi. Tanda-tanda atau gejalanya perlu penanganan khusus. Hal itu karena, Kanker jarang terdeteksi sejak awal, sehingga baru diketahui serta ditangani setelah mencapai stadium lanjut atau kondisinya sudah parah.

Perlu diketahui, jenis kanker yang menyerang anak-anak berbeda dengan dialami orang dewasa. Bukan karena gaya hidup atau faktor lingkungan saja, hal ini sebuah perubahan DNA juga bisa menyebabkan kanker pada anak-anak.

Dilansir dari laman Times of India, berikut ini jenis kanker atau tumor yang sering menyerang anak-anak.

1. Tumor
Wilms tumor atau kanker ginjal, merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang kepada anak-anak. Untuk gejalanya, akan sulit terdeteksi apabila tidak melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Lantas , apakah ada tanda-tanda khusus jika anak terserang penyakit ini? Menurut penelitian, anak akan mengeluarkan darah melalui urin atau tinja. Apabila itu terjadi, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan, apakah anak diserang tumor atau ada kelainan lainnya.

2. Kanker Darah
Menurut Direktur Hemato Onkologi Pediatrik & Transplantasi Sumsum Tulang Medis dan Hemato-Onkologi, Institut Kanker, Medanta, dr Satya Prakash Yadav,  hampir 30 persen anak penderita kanker menderita leukemia, yang diklasifikasikan sebagai kelainan pada sumsum tulang.

Kanker darah atau disebut juga leukemia, dapat muncul dalam dua cara, yakni leukemia Limfoblastik Akut (ALL) atau Leukemia Myeloid Akut (LMA), keduanya dapat dengan mudah diobati jika diagnosis dibuat tepat waktu.

3. Tumor Otak
Bentuk kanker berikutnya yang paling sering terlihat, yaitu tumor otak. Jumlahnya lebih dari 20 persen kasus, anak-anak terserang penyakit satu ini.

Gejala dan tanda tumor otak bervariasi, tergantung pada lokasi tumor berada, atau penyebaran cairan serebrospinal yang menyebabkan penyakit tersebut.

Sakit kepala adalah salah satu tanda, bahwa penyakit  ini mengancam seseorang. Beberapa anak juga menderita mual kronis yang terus-menerus, terutama di pagi hari yang seharusnya menjadi tanda kekhawatiran lain yang harus diperhatikan orang tua.