Terputar

Title

Artist


tips memilih MPASI, agar anak tidak salah makan

Ditulis oleh pada November 26, 2023

Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) adalah momentum paling berharga bagi anak. Selain itu, orang tuanya pun harus selektif dalam memilihnya, agar gizi dan nutrisinya tetap terpenuhi.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), MPASI sangat diperlukan setelah berusia 6 bulan. Bayi membutuhkan tambahan energi, protein, dan zat besi. Sebab, hal itu tidak bisa diperoleh  dengan mengonsumsi ASI saja.

MPASI bisa dimulai pada saat bayi sudah menunjukan tanda siap makan. Sementara jika terlalu cepat, dapat menganggu penyerapan nutrisi dari ASI dan berisiko obesitas. Berikut adalah beberapa tips memilih MPASI, agar anak tidak salah makan.

1. Variasi Nutrisi

Pilih makanan yang kaya akan nutrisi penting, seperti zat besi, kalsium, protein, vitamin, dan mineral lainnya. Agar kebutuhan buah hati Anda tetap terpenuhi saat masa-masa diberikan MPASI.

2. Perhatikan Konsistensi dan Tekstur

Saat bayi baru belajar makan, mulailah dengan makanan bertekstur halus dan mudah dicerna. Secara bertahap, tingkatkan konsistensi makanan saat anak terbiasa dengan makanan padat.

3. Sumber Makanan Utama

Pilih makanan dari sumber karbohidrat seperti nasi atau sereal. Kemudian, pilih juga makanan yang memiliki protein cukup tinggi, seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan

Tak lupa, kandungan seratnya berasal dari buah-buahan hingga sayuran.

4. Perkenalkan Makanan Baru

Selanjutnya, perkenalkan satu jenis makanan baru dalam satu waktu. Dan pantau reaksi bayi terhadap makanan tersebut, untuk memastikan tidak ada alergi atau masalah pada pencernaannya.

5. Hindari Gula dan Garam

Hindari makanan yang mengandung gula tambahan atau garam berlebihan. Hal ini akan mengakibatkan obesitas pada anak, serta bisa jadi menghambat penyerapan nutrisi lainnya.

6. Perhatikan Porsi Makan

Berikan porsi yang sesuai dengan kemampuan pencernaan bayi Anda dan jangan memaksakan makanan berlebihan. Jika demikian, maka khawatir akan membuat anak menjadi sakit karena makanan yang dikonsumsi terlalu berlebihan.

7. Konsultasi dengan Dokter

Jika ragu dengan  pemberian MPASI pertama atau memiliki pertanyaan lainnya, maka bisa konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi tentang makanan yang tepat untuk bayi Anda.

Nantinya dokter akan memberikan saran, dan sekaligus ikut memantau perkembangan anak yang baru saja mulai mengonsumsi MPASI-nya.