Terputar

Title

Artist


 Diabetes menjadi salah satu penyakit yang mengintai sebagian masyarakat. Terlebih lagi yang perlu diperhatikan, bagi mereka yang gemar mengonsumsi makanan dan minuman manis

Ditulis oleh pada November 23, 2023

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang mengintai sebagian masyarakat. Terlebih lagi yang perlu diperhatikan, bagi mereka yang gemar mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Lantas, apakah penderita diabetes masih boleh mengonsumsi gula?

Dietsien dari Instalasi Pelayanan Gizi RSCM Sri Rejeki Wahyuningrum, SKM, RD mengatakan, bagi pasien diabetes masih boleh mengonsumsi gula pasir. Tetapi ada batasannya, yakni maksimal lima persen dari total kebutuhan kalori per hari.

“Gula pasir dalam satu hari itu sampai 5 persen dari total kebutuhan kalori, itu masih diperbolehkan. Itu biasanya kita menggunakannya untuk bumbu masakan, bukan untuk minum teh atau minum sirup,” katanya, seperti dikutip dari Antara, Rabu (22/11/2023).

Selanjutnya, bagi mereka yang ingin menyantap satu sendok madu, sebenarnya termasuk karbohidrat sederhana. Ada baiknya mengurangi asupan buah hariannya.

Menurut Wahyuningrum, satu sendok makan madu setara satu porsi buah. Oleh karenanya ia menyarankan, pasien diabetes mengurangi asupan buah hariannya dari semula empat sesuai rekomendasi menjadi tiga porsi dalam sehari.

“Kalau minum manis ditambah gula pasir, hanya mendapatkan manis, kalau makan buah ada vitaminnya ada serat, dan serat dapat membantu menurunkan glukosa darah. Jadi lebih banyak zat gizi dibandingkan hanya minum minuman manis,” jelas dia.

Wahyuningrum menambahkan, pengaturan makan menjadi salah satu pilar pengelolaan diabetes, serta orang-orang yang hidup tanpa diabetes.

Pada pasien diabetes, tujuan pengaturan makan ini untuk mengontrol atau mengendalikan glukosa darahnya dan menurunkan kadar lemak, apabila pasien diabetes juga terkena hipertensi, hiperkolesterol.