Terputar

Title

Artist


Oat milk atau susu oat sering digunakan sebagai alternatif bagi orang yang ingin menghindari susu sapi atau alergi terhadap susu kedelai dan kacang

Ditulis oleh pada Oktober 26, 2023

Oat milk atau susu oat sering digunakan sebagai alternatif bagi orang yang ingin menghindari susu sapi atau alergi terhadap susu kedelai dan kacang.

Namun, ada beberapa kesalahan umum yang bisa membuat oat milk menjadi kurang sehat. Berikut penjelasannya.

1. Gula tambahan
Terlalu banyak gula tambahan dapat merusak kesehatan. Susu oat sudah memiliki gula alami, jadi sebaiknya hindari menambahkan gula ekstra.

2. Rasa dan aroma
Oat milk dengan rasa seperti cokelat atau vanila mungkin mengandung gula dan garam lebih tinggi. Untuk itu, Anda harus memeriksa label pada kemasan susu oat dan pilih yang rendah pemanis serta natrium.

3. Susu oat tanpa tambahan vitamin
Jika Anda mengonsumsi susu oat sebagai pengganti susu dalam diet vegan atau vegetarian, pastikan pilih merek yang diperkaya dengan kalsium, vitamin D, dan vitamin B12.

4. Banyak pengawet
Periksa daftar bahan untuk melihat apakah ada pengawet berlebihan. Beberapa pengawet bisa memiliki efek samping untuk kesehatan tubuh Anda.

5. Mengandung gluten
Oat milk sebenarnya bebas gluten, tapi bisa terkontaminasi selama proses produksi. Jadi, orang dengan celiac atau intoleransi gluten perlu mencari merek susu oat yang bebas gluten.

6. Karbohidrat
Oat milk memiliki karbohidrat tinggi, meski baik untuk sebagian orang, tetapi bisa meningkatkan gula darah dengan cepat jika Anda penderita diabetes. Ini karena oat milk memiliki lebih sedikit serat dibandingkan oat utuh.

7. Konsistensi dan rasa
Oat milk sering digunakan dalam latte atau smoothie karena teksturnya yang kental dan rasanya yang enak. Meskipun berbeda dari susu sapi, banyak yang tetap menikmatinya.