Terputar

Title

Artist


Pisang goreng merupakan jajanan pinggir jalan yang sangat mudah ditemukan

Ditulis oleh pada Juli 23, 2023

 Pisang goreng merupakan jajanan pinggir jalan yang sangat mudah ditemukan. Meskipun terbuat dari pisang yang digoreng dengan balutan tepung, namun rasa camilan satu ini nggak aneh sama sekali dan dijamin enak banget. Apalagi jika dimakan saat sedang hujan dan sambil ditemani dengan seduhan kopi atau teh yang masih hangat.

Setiap daerah di Indonesia memiliki aneka macam pisang goreng yang berbeda-beda, termasuk pula di Kota Pontianak. Yang membedakan pisang goreng Pontianak dari pisang goreng yang lain adalah teksturnya yang lebih renyah di luar dan lembut di dalam. Selain itu, bentuknya pun punya khas tersendiri, yaitu berupa kipas yang sedang dibuka. Lebih unik lagi, karena orang-orang Pontianak biasanya mencicipi jajanan satu ini menggunakan sambal. Menarik banget bukan?

Nah, jika kamu penasaran dengan jajanan pinggir jalan ini, nggak perlu repot-repot ke Pontianak dulu kok. Pasalnya, kamu bisa membuat sendiri pisang goreng khas Pontianak dari rumah dan bahkan nggak perlu bahan-bahan yang banyak. Intip resepnya dulu, yuk!

Bahan Utama: 

5 buah pisang kepok

Minyak goreng secukupnya

Bahan Pencelup:

125 gram tepung terigu protein sedang

1/4 sdt garam

250 ml air

1 sdm tepung beras

1 1/2 sdm gula tepung

Bahan Kremes: 

500 liter air

240 gram tepung beras

45 gram tepung sagu tani

1 sdm garam

20 gram gula merah, sisir halus

2 kuning telur

Cara Membuat: 

1. Kupas kulit pisang dan belah menjadi 3 bagian tanpa putus di salah satu bagian ujungnya. Kemudian, lebarkan potongan tersebut sampai berbentuk kipas yang terbuka.

2. Campur semua bahan pencelup, dan aduk rata. Selain itu, campur pula bahan kremes di wadah berbeda, dan aduk rata.

3. Siapkan wajah besar dan panaskan minyak secukupnya. Tuang adonan kremes sebanyak satu sendok sayur dan biarkan mengembang. Ketika sudah matang, kecilkan api dan lalu kumpulkan serpihan kremesan hingga menyatu.

4. Masukkan pisang ke adonan pencelup, kemudian letakkan ke bagian tengah kremesan yang sudah dikumpulkan. Lipat kremesan hingga menutupi pisang.

5. Goreng pisang sampai matang atau berwarna kuning keemasan. Kemudian, angkat dan tiriskan. Selamat menikmati.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan