Terputar

Title

Artist


 Buah Pepino merupakan buah yang kaya akan khasiatnya, namun masih banyak masyarakat yang belum mengenal manfaat dari buah

Ditulis oleh pada Juli 17, 2023

Buah Pepino merupakan buah yang kaya akan khasiatnya, namun masih banyak masyarakat yang belum mengenal manfaat dari buah tersebut.

Buah Pepino umumnya langka dan jarang ditemukan di Indonesia karena berasal dari Amerika Selatan. Namun, di wilayah Dieng, Jawa Tengah, buah Pepino juga dapat ditemukan.

Masyarakat di Purwakarta, Jawa Barat, mulai membudidayakan tanaman buah Pepino (Solanum muricatum) sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya dilakukan oleh warga Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, yang membudidayakan buah Pepino di lahan pekarangan depan rumah mereka.

Pemerintah Desa Babakan berencana menjadikan tanaman buah Pepino ini sebagai salah satu ikon desa. Setiap kepala keluarga di desa tersebut diharapkan menanam minimal lima tanaman buah Pepino.

Menurut Kepala Desa Babakan, Endin Sofiudin, buah Pepino memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Desa Babakan bersemangat dalam mengembangkan budidaya buah Pepino ini. Mereka berharap setiap rumah warga dapat menanam minimal lima polibex tanaman buah Pepino pada tahun 2024. Hal ini akan membuat Desa Babakan menjadi prioritas tanaman unggulan dan menjadi daya tarik tersendiri sebelum mempromosikannya kepada orang lain.

Harga jual buah Pepino di petani setempat berkisar Rp 20.000 per kilogram, lebih rendah dibandingkan harga di supermarket yang mencapai sekitar Rp 35.000 per kilogram. Selain menjual buah Pepino, petani di Desa Babakan juga siap memberikan penyuluhan tentang budidaya tanaman ini.

Pepino yang dulunya hanya ditemukan di Peru, kini juga dibudidayakan di Ekuador, Selandia Baru, AS (California), dan daerah-daerah beriklim subtropis lainnya. Pepino berbentuk bulat dan memiliki kulit berwarna kuning keemasan dengan garis-garis berwarna ungu jika telah matang. Daging pepino rasanya manis seperti melon. Buah Pepino memiliki manfaat yang bermanfaat untuk memberi energi, nutrisi, kaya akan antioksidan, kesehatan jantung, baik untuk hati, mencegah kanker, dan kaya akan vitamin.

Dengan peningkatan budidaya buah Pepino ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan Desa Babakan menjadi daerah dengan klinik di depan rumah. Selain itu, ini juga dapat menjadi sumber pendapatan melalui penjualan buah tersebut.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan