Terputar

Title

Artist


Berikut ini adalah jenis luka bakar dan cara penanganan luka bakar

Ditulis oleh pada Maret 7, 2023

Kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang pada Jumat malam (3/3/2023) memakan korban jiwa dan luka. Mayoritas korban mengalami luka bakar, mulai dari luka bakar ringan hingga berat.

Penanganan luka bakar berbeda dengan penangan luka pada umumnya. Jadi perlu penanganan khusus tergantung tingkat keparahan saat pertolongan pertama jika terjadi luka bakar.

Berikut ini adalah jenis luka bakar dan cara penanganan luka bakar.

Jenis luka bakar

Berdasarkan tingkat keparahannya, ada tiga jenis luka bakar yaitu:

  • Luka bakar tingkat satu, luka bakar ini termasuk ringan karena hanya lapisan kulit luar (epidermis) yang terdampak. Orang yang mengalami luka bakar tingkat satu memiliki tanda kemerahan dan nyeri di area luka.
  • Luka bakar tingkat dua, luka bakar ini termasuk sedang yaitu mempengaruhi lapisan epidermis dan dermis kulit. Tanda luka bakar tingkat dua adalah kemerahan, bengkak, lecet, dan bercak.
  • Luka bakar tingkat tiga, luka bakar ini termasuk berat karena mempengaruhi lapisan luar kulit serta lemak dan jaringan lain, dengan kulit menjadi gelap atau menjadi putih dan tampak keras. Luka bakar tingkat tiga mungkin tidak sakit, karena saraf yang telah rusak.

Penanganan luka bakar

Pertolongan pada luka bakar tidak bisa sembarangan. Berikut adalah penanganan pertama luka bakar:

Siram luka dengan air

Pertolongan pertama untuk luka bakar tingkat satu adalah dengan menyiramkan air dengan suhu ruangan selama 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang. Jangan gunakan semprotan, minyak, mentega, atau salep pada luka bakar karena dapat menahan panas.

Perban dengan kain lembut

Tutupi area luka d dengan perban bersih dan lembut, jika perlu. Pemberian perban ini bertujuan untuk melindungi luka melepuh agar tidak teriritasi dan terinfeksi. Ganti berkala dan lindungi dari sinar matahari untuk menghindari luka menjadi parah.

Jangan pecahkan gelembung

Terkadang kulit yang terkena luka bakar akan melepuh. Jangan pernah memecahkan gelembung tersebut karena bisa menyebabkan infeksi.

Lepaskan aksesoris yang menempel di sekitar luka
Jika memungkinkan lepaskan perhiasan atau aksesoris yang melekat di area luka bakar. Usahakan lakukan ini dengan cepat dan lembut, sebelum area luka bakar membengkak.

Hubungi petugas medis

Jika melihat luka bakar terlihat besar dan berat, segera hubungi petugas medis agar mendapat penanganan yang tepat. Dampingi korban dan usahakan jaga kesadarannya.

Demikian jenis luka bakar dan cara penanganan luka bakar.

 


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan