Wujudkan Kemanunggalan TNI AL Bersama Rakyat, Danlanal Bandung Buka Karya Bakti TNI AL TH 2018

0 67

DRADIOQU.COM – Jakarta, 5 September 2018,Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin, S.H., memimpin pembukaan Karya Bakti TNI Angkatan Laut Tahun 2018 di Desa Pangauban, Kecamatan Batu Jajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (5/9).

Dalam sambutannya, Danlanal Bandung mengatakan salah satu tugas TNI/TNI Angkatan Laut dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu tugas pemerintah dalam pemberdayaan wilayah pertahanan dengan sasaran penyiapan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan serta kekuatan pendukung secara dini sesuai dengan sistim pertahanan semesta. Dalam rangka melaksanakan tugas pembinaan masyarakat menjadi kekuatan pertahanan negara di wilayah, Koarmada I dalam hal ini Lanal Bandung melaksanakan pembinaan pemberdayaan masyarakat yang salah satunya dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Karya Bakti. Selain itu, melalui program Karya Bakti TNI Angkatan Laut Tahun 2018, Lanal Bandung bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni Kabupaten Bandung Barat dengan melibatkan masyarakat setempat. Hal ini sebagai perwujudan kemanunggalan TNI bersama rakyat yang dapat menumbuhkan jiwa semangat kebersamaan (gotong royong) dalam pembangunan daerah guna peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di tengah-tengah gencarnya program pembangunan nasional dan percepatan pembangunan daerah serta peningkatan ketahanan nasional dalam rangka mendukung pertahanan negara.

Lebih lanjut Danlanal Bandung menyampaikan, kegiatan Karya Bakti TNI AngkatanLaut Tahun 2018 kali ini dilaksanakan di Desa Pangauban Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Lokasi ini dipilih karena merupakan salah satu lokasi yang termasuk wilayah kerja Lanal Bandung yang menjadi fokus perhatian Lanal Bandung yang berhak dan perlu mendapat bantuan dimana sampai dengan saat ini sedang dilaksanakan kegiatan fisik berupa renovasi tiga Mushola, yang mudah-mudahan bermanfaat dan akan dapat meningkatkan kesejahteraan, kualitas ibadah, dan pendidikan masyarakat setempat yang pada gilirannya dapat menjadi benteng dalam penyelenggaraan sistem pertahanan semesta.

Kegiatan Karya Bakti TNI Angkatan Laut Tahun 2018 berupa kegiatan non fisik antara lain bela negara, kesehatan lingkungan, pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba serta pelayanan kesehatan berupa pengobatan umum, khitanan massal dan pembagian sembako bagi masyarakat yang kurang mampu atau pada taraf hidup pra sejahtera.

Hadir pada acara tersebut, Kabid P2M BNN Provinsi Jawa barat Drs. Muryanto Sugiri, Dinkes Kabupaten Bandung Barat Sudarsono, S.T., Kadispotmar Lantamal III Letkol Laut (KH) Agus Djatmiko, Kasipam Pusdiklatpassus, Kasdim 0609 Cimahi, Danramil 0918 Batujajar, Kapolsek Batujajar, Camat Batujajar, Kepala Desa Pangauban, Ketua MUI Desa Pangauban, Ketua Pimpinan Ponpes Banuraja Desa Pangauban, Kepala MA Banuraja Desa Pangauban serta Kepala MTS Ponpes Banuraja Desa Pangauban.

Leave A Reply

Your email address will not be published.