wanita memasuki usia 30 hingga 40-an tahun, struktur otak dan konektivitas mengalami perubahan sehingga

membuatmu kesulitan saat ingin tidur

0 25

DRADIOQU.COM – Selagi masih muda, bersyukurlah jika kamu tidak mengalami kesulitan tertidur di malam hari. Bahkan waktu tidur yang panjang juga patut disyukuri. Karena ternyata seiring bertambahnya usia, kamu akan mengalami perubahan siklus tidur lho ladies.

Dilansir dari furthermore.equinox.com, menyebutkan bahwa seiring bertambahnya usia, terutama ketika wanita memasuki usia 30 hingga 40-an tahun, struktur otak dan konektivitas mengalami perubahan sehingga membuatmu kesulitan saat ingin tidur. Ini yang akan terjadi pada tubuh terhadap siklus tidur ketika usia makin tua.

1. Berkurangnya waktu untuk terlelap
Jika biasanya kamu bisa dengan mudah tertidur, tubuh akan mengalami waktu 90 menit untuk melalui empat tahap mulai dari tidak sadarkan diri hingga mencapai REM. Berbeda jika usia bertambah. Waktu untuk melalui empat tahap tersebut lebih pendek dan kamu hanya melalui tidur ringan sehingga mudah terbangun. Pada akhirnya kamu akan mudah lelah dan mengantuk di siang hari.

2. Lebih sensitif terhadap suara
Jika dulu kamu dengan mudah tertidur meski mendengarkan suara yang sedikit berisik, kini kamu akan merasakan keheningan adalah hal wajib agar bisa tidur. Bahkan suara detik jarum jam bisa membuatmu usah tidur.

3. Stres dan alkohol memperparah efeknya
Keadaan mental yang stres ditambah dengan sering mengonsumsi alkohol bisa memperparah kesulitan tidur. Tubuh akan lebih mudah terbangun di tengah malam.

Bertambahnya usia bikin tidur makin susah/copyright Shutterstock.com

4. Terbiasa kurang tidur
Pada akhirnya, kamu akan terbiasa kurang tidur, dan hal ini tak baik. Penelitian menemukan bahwa orang yang sulit tidur pada akhirnya memaksakan diri untuk beristirahat lebih sebentar. Tetap jaga kebiasaan tidur dan usahakan 7-9 jam per harinya agar tidak menjadi kebiasaan buruk.

5. Jangan memaksakan diri
Ketika kamu masih muda mungkin sering memaksakan diri untuk tidur lebih larut, entah itu karena tuntutan sosial dan lain sebagainya. Namun jangan lakukan ini lagi ketika usia makin tua. Karena bertambahnya usia, kamu mungkin akan lebih mudah lelah dan mengantuk. Jadi ketika kamu sudah kesulitan tidur, jangan memaksakan tidur larut jika memang sudah mengantuk.

Kini kau sudah tahu kan apa yang akan kamu hadapi jika usia semakin tua? Jangan terbiasa tidur larut malam ya agar siklus tidur tetap terjaga dan tidak terganggu meski sudah tua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.