Umumnya, ibu hamil akan lebih mudah merasa lelah dan nyaman jika ia menghabiskan banyak waktunya di tempat tidur

0 10

DRADIOQU.COM – Umumnya, ibu hamil akan lebih mudah merasa lelah dan nyaman jika ia menghabiskan banyak waktunya di tempat tidur. Karena hal inilah, tidak jarang ibu hamil dianggap sebagai seseorang yang malas. Namun pada kenyataannya ladies, ibu hamil bukan sosok yang malas.

Ada alasan tersendiri kenapa ibu hamil lebih suka menghabiskan waktunya di tempat tidur dan tidak melakukan aktivitas. Itu karena ibu hamil mudah merasa kelelahan. Meski berat badan belum naik drastis dan kandungan belum terlalu besar, ibu hamil tetap merasa mudah lelah. Melansir dari laman alodokter.com, ada beberapa alasan kenapa ibu hamil mudah lelah.

Alasan tersebut antara lain sebagai berikut.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon selama hamil bisa meningkatkan risiko kelelahan. Peningkatan hormon progesteron memicu rasa kantuk pada ibu hamil. Ini juga memicu badan terasa pegal-pegal dan tidak nyaman.

Anemia

Alasan selanjutnya adalah anemia. Kurangnya zat besi pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko anemia. Untuk mengetahui seseorang menderita anemia atau tidak, ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Mual dan Muntah

Ibu hamil sering merasa mual dan muntah. Ini sering disebut juga sebagai morning sickness. Mual dan muntah selama hamil meningkatkan risiko kelelahan, pusing hingga tubuh lemas. Ini juga membuat energi ibu selama hamil gampang terkuras.

Cemas dan Khawatir

Ada beberapa ibu hamil yang merasa cemas serta khawatir. Perasaan ini kemudian meningkatkan risiko tubuh mudah lelah. Agar ibu hamil senantiasa bugar dan sehat, pastikan untuk selalu tenang, sabar serta bahagia.

Berat Badan Naik

Naiknya berat badan juga meningkatkan risiko tubuh mudah lelah. Naiknya berat badan juga memicu risiko ibu hamil kesulitan mendapatkan istirahat cukup saat malam.

Ketika melihat ibu hamil tidak seaktif biasanya atau sebelum ia hamil, besar kemungkinan tubuhnya merasa lebih mudah lelah dan lemas. Agar selama hamil tidak mudah lelah, usahakan agar menerapkan pola hidup sehat yang lebih baik lagi. Miliki juga istirahat cukup dan konsumsi berbagai nutrisi yang membuat fisik maupun psikis lebih bersemangat. Hindari juga stres selama kehamilan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.