Tidak ada yang suka punya masalah rambut berketombe

0 12

DRADIOQU.COM – Tidak ada yang suka punya masalah rambut berketombe. Namun terkadang ketika kamu sangat tidak menginginkannya, rambut justru bermasalah dan berketombe.

Sebelum mencoba mengobatinya, ketahui dulu apa penyebabnya ladies. Apa saja jenis ketombe di rambut dan bagaimana mengatasinya?

1. Ketombe akibat kulit kepala kering
Kulit kepala kering ternyata bisa menimbulkan kerak tipis-tipis di permukaan kulit kepala jika sampo yang digunakan tidak cocok. Jadi pastikan memilih bahan sampo yang ringan agar tidak menghilangkan minyak alami kulit kepala.

2. Ketombe akibat jamur
Kulit kepala bisa berjamur dan gatal karena lembab. Dan sayangnya, ini juga memicu munculnya ketombe akibat jamur bernama Malassezia globosa. Jamur ini akan memproduksi asam oleat sehingga membuat kulit kepala lebih aktif memproduksi sel kulit yang disertai rasa gatal. Perlu bantuan dokter untuk mengatasinya.

3. Ketombe akibat kotoran di kulit kepala

Jika kamu sering menggunakan produk styling rambut, ketombe juga akan lebih rentan muncul. Residu produk perawatan rambut akan tertimbun di kulit kepala sehingga tumpukan kotoran ini akan menimbulkan ketombe. Rutinlah membersihkan rambut.

4. Ketombe akibat psoriasis

Terkadang ketombe muncul bukan karena pengaruh produk perawatan rambut yang tak cocok, tapi karena masalah kesehatan kulit. Ketika kulit mengalami penyakit gatal kulit psoriasis, produksi sel kulit akan meningkat dan membentuk lapisan yang terasa gatal dan kemerahan. Untuk mengatasinya, pakai sampo dengan kandungan Salicylic acid dan zinc atau konsultasikan dengan dokter kulit.

Nah, kira-kira ketombe di rambut kamu disebabkan oleh apa? Jika sudah tahu sumbernya, penanganan baru bisa dilakukan agar tidak salah penanganan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.