Terlihat ada banyak penjual mangga di tepi jalan atau ada banyak buah mangga yang dijajakan di toko buah

0 43

DRADIOQU.COM – Saat ini nampaknya sudah mulai musim buah mangga. Terlihat ada banyak penjual mangga di tepi jalan atau ada banyak buah mangga yang dijajakan di toko buah. Ngomongin soal buah mangga, tidak jarang saat kita membeli buah mangga kita mendapati buah mangga yang kurang manis dan kurang matang sempurna. Padahal, si penjual mengatakan bahwa mangga itu mangga masak pohon yang seharusnya memiliki rasa manis dan menyegarkan.

Agar kita tidak terkecoh saat membeli buah mangga, berdasar pengalaman dan nasehat orang tua di sekitar, ada beberapa cara memilih buah mangga matang dan manis saat membeli mangga. Bagaimana caranya? Simak yang berikut ini.

Cek Batang Buah Mangga
Cara pertama yang perlu kita lakukan adalah cek batang buah mangga. Mangga yang telah tua atau masak pohon di batangnya sangat sedikit keluar getahnya. Pada batang buah mangga ini juga terlihat lubang di dalam batang. Jika mangga belum matang dan masih muda, batangnya akan terlihat seperti digunting dan terdapat banyak bekas getah.

Bentuk Buah
Perhatikan bentuk buah mangga. Mangga yang telah tua dan masak, umumnya bentuknya bulat penuh dan berisi. Jika mangganya masih muda, bentuknya lebih gepeng atau cemet. Tapi, ini juga tergantung pada jenis mangganya sehingga kita pun harus pandai-pandai saat memilih mangga tersebut.

Aroma Mangga
Mangga yang telah matang akan memiliki aroma harum khas. Dengan memegangnya saja, kita sudah bisa mencium aroma harum tersebut. Namun, jika mangga belum matang atau tidak masak di pohon, aroma harum buah mangga akan sedikit berkurang. Tidak sepekat mangga yang masak pohon.

Kulit Mangga
Kulit mangga yang telah matang dan manis biasanya lebih tipis dari mangga yang masih muda atau belum matang. Warna kulit mangga yang masak pohon dan memiliki rasa manis juga terlihat lebih hijau pekat, kuning terang, kemerahan dan sejenisnya tergantung jenisnya.

Tekstur Daging Buah Mangga
Untuk buat mangga yang telah masak pohon, matang dan manis biasanya akan cukup berserat. Biji mangga pun lebih keras dan terdapat serabut-serabut yang cukup banyak. Berbeda dengan mangga yang masih muda. Biasanya, mangga muda ini hanya sedikit seratnya dan bijinya tidak terlalu memiliki serabut.

Selain hal di atas, mangga yang matang biasanya akan lebih empuk saat dipijat. Tapi ingat, jika mangga terlalu empuk, bisa jadi mangga itu telah terlalu matang atau sudah membusuk. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.