Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tanggapan KPU Tentang Ancaman Amin Rais Gunakan Kekuatan Rakyat

0 45

Dradioqu, Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tathowi menanggapi tentang pernyataan Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, prihal Amien Rais, yang mengancam akan mengerahkan people power atau kekuatan rakyat.

Menurut Pramono, apabila memang ada bukti kecurangan yang dilakukan KPU, maka bisa dilaporkan sesuai dengan prosedur yang ada. Ancaman Amien Rais tidak akan mempengaruhi penyelenggara pemilu.

Lebih lanjut Pramono menjelaskan,
saat ini semua ada aturannya. Bila memang terjadi pelanggaran atau kecurangan, maka bisa dilaporkan kepada pihak terkait.

“Ikuti proses nya, kalau melihat pelanggaran sekarang, ke Bawaslu. Kalau KPU dianggap curang, ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Kalau nanti hasilnya, ya ke MK (Mahkamah Konstitusi). Wong aturannya gitu,” kata Pramono di Kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat, Senin (1/4).

Pramono menilai, apabila memang Amien Rais akan menggunakan people power, hal itu tidak akan berpengaruh. Sebab, semua ada jalurnya sendiri yang harus ditaati.

“(People power) gak akan mengubah hasil juga. Karena KPU gak bisa ditekan-tekan untuk mengubah hasil. Kecuali kalau MK menetapkan, KPU berubah. People power apa pun gak akan ngaruh juga,” ucap dia.

Pramono menerangkan pemilu adalah bagian dari demokrasi, dan demokrasi memiliki aturan-aturan yang harus ditaati.

“Gak boleh demokrasi ada menang-menangan. Apa-apa harus rakyat. Semua diserahkan ke rakyat. Itu tak boleh. Demokrasi itu ada aturannya,” kata dia.

Sebelumnya, dalam Aksi 313, Amien Rais mengatakan lebih memilih bergerak melalui people power atau kekuatan rakyat jika memang ditemukan kecurangan dalam pemilu.

“Ini jikalau nanti bisa kita buktikan bahwa ternyata ada kecurangan yang terukur, sistematik, dan massif, itu kemudian wassalamu’alaikum. Kita akan bergerak,” ujar Amien Rais di Hotel Ayana MidPlaza, Jakarta, Senin (1/4). Sumber : IDNTimes

Leave A Reply

Your email address will not be published.