Tak hanya dikenal dengan beragam budaya, bahasa dan sukunya

Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan kuliner

0 21

DRADIOQU.COM – Tak hanya dikenal dengan beragam budaya, bahasa dan sukunya, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang mengagumkan serta luar biasa. Hampir semua daerah memiliki makanan khas masing-masing. Meski beberapa daerah memiliki makanan yang hampir sama antara satu dengan lainnya, makanan ini tetap memiliki perbedaan di dalamnya.

Perlu kita tahu, ada banyak makanan yang memiliki penampilan nyaris sama dan serupa tetapi ternyata berbeda. Misalnya saja keripik tempe dengan tempe keripik. Meski namanya hampir sama dan bahan untuk membuat makanan ini sama, makanan ini ternyata tetap memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Melansir dari laman brilicious.brilio.net, ada juga makanan khas daerah nusantara lain dengan nama hampir sama, bahan dan rasa hampir sama tetapi keduanya berbeda. Makanan tersebut adalah kupat tahu dan tahu kupat. Memang, kedua makanan ini memiliki kemiripan dari segi bahan baku, cita rasa dan namanya. Tapi, makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Barat ini tetap memiliki perbedaan. Berikut perbedaannya dan jangan sampai terkecoh lagi.

Tahu Kupat
Tahu Kupat merupakan makanan khas Solo, Jawa Tengah. Bahan baku untuk membuat tahu kupat yang utama adalah tahu dan kupat. Sedangkan bahan tambahan lain ada irisan bakwan, taoge yang telah direbus atau matang, kacang goreng, mie kuning, kubis dicincang halus, seledri dan bumbu berupa ramuan kecap dengan irisan bawang putih serta merah. Tahu yang digunakan pada tahu kupat umumnya adalah tahu putih goreng yang diiris dadu.

Kupat Tahu
Tak berbeda jauh dengan tahu kupat, kupat tahu juga memiliki bahan utama tahu serta kupat. Hanya saja, pada sajian makanan khas Tasikmalaya, Jawa Barat ini bahan lain yang digunakan tidak sebanyak pada tahu kupat. Sebagai pelengkap kupat tahu hanya ada tauge. Beberapa mungkin akan menambahkan taburan bawang merah goreng demi dapatkan cita rasa lebih sedap. Untuk bumbu, kupat tahu berbeda dengan tahu kupat. Jika tahu kupat bumbunya adalah ramuan kecap, kupat tahu bumbunya saus kacang. Tahu yang digunakan untuk menu ini adalah tahu kuning yang digoreng.

Leave A Reply

Your email address will not be published.