Iklan

Syamsul Fuad Menggugat Produser Film Versi Baru Benyamin Biang Kerok Ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

0 32

DRADIOQU.COM – Beberapa waktu lalu, penulis skenario film “Benyamin Biang Kerok” yang dirilis tahun 1972 yakni Syamsul Fuad menggugat produser film versi baru Benyamin Biang Kerok ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 5 Maret 2018 lalu. Nirmal Hiroo Bharwani alias HB Naveen (Falcon Pictures), dan Ody Mulya Hidayat (Max Pictures) selaku produser dituduh melakukan tindakan pelanggaran hak cipta lantaran tak pernah dimintai persetujuan pemakaian tokoh Pengki dan beberapa tokoh lainnya dalam film tersebut.

Namun kini, Ody Mulya selaku pihak Max Pictures berbalik dan melaporkan Syamsul Fuad atas dugaan menggiring opini negatif sehingga menimbulkan kerugian dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap film “Benyamin Biang Kerok” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo tersebut.

Max Pictures menggugat Syamsul Fuad dengan tuntutan ganti rugi sebesar Rp 50 miliar. Pihak penggugat merasa dirugikan secara materiil sebesar Rp 35 miliar dan secara imateriil sebesar Rp 15 miliar.

“Bukan gugat balik, ya. Mereka mengajukan gugatan secara perdata. Mereka sudah mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum lewat Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dalam gugatannya, mereka merasa ada pembentukan opini negatif oleh Pak Syamsul bahwa penggugat seolah-olah telah lakukan pelanggaran hak cipta dan ini berimbas kepada penjualan tiket yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Mereka berharap bisa mendapatkan penonton lebih banyak jika tidak ada gugatan itu,” ungkap Bakhtiar Yusuf selaku kuasa hukum Syamsul Fuad saat dihubungi sejumlah media, Rabu (18/4).

Pihak Ody Mulya yang dihubungi secara terpisah membenarkan adanya gugatan ini.

“Saya hanya mempertahankan hak saya bahwa memang setiap pembeli rights harus dilindungi. Kalau enggak, imbasnya bahaya ke belakang. Kalau sekarang Pak Fuad mengklaim bahwa itu hasil karya dia sebagai penulis, bagaimana dengan sutradara dan lainnya, akan menuntut juga dong nantinya, merasa berhak. Kan itu jadi enggak elok, enggak benar dong. Saya enggak cari uang. Saya enggak akan cari uang kayak mereka, tTetap mengimbangi saja apa yang dia inginkan. Kalau dia tuntut, ya kami tuntut balik,” tutur Ody.

Leave A Reply

Your email address will not be published.