Siapa yang tidak kenal lagu rock ballad legendaris “Starway to Heaven” karya Led Zepellin?

0 24

DRADIOQU.COM – Siapa yang tidak kenal lagu rock ballad legendaris “Starway to Heaven” karya Led Zepellin? Lagu yang dirilis 1971 ini seperti tak lekang oleh zaman dan terus diputar penggemar musik rock hingga sekarang karena perpaduan yang apik antara gitar akustik dan gitar listrik dengan syair yang sangat berkarakter.

Pada 2015, muncul gugatan bahwa intro gitar akustik yang menjadi kekuatan lagu ini menjiplak lagu “Taurus” dari grup band Spirit. Setahun kemudian, pengadilan kemudian memutuskan bahwa Led Zepellin tidak mencuri hak cipta terkait intro tersebut.

Namun, Jumat (28/9) kemarin pengadilan tingkat banding di California menganulir putusan itu karena hakim dianggap melakukan sejumlah kesalahan. Dengan demikian, tuduhan menjiplak intro itu bisa disidangkan kembali.

Personel utama Led Zeppelin, Jimmy Page (gitaris) dan Robert Plant (vokal), mengatakan lagu berdurasi sekitar 8 menit itu adalah masterpiece mereka, ditulis di sebuah cottage di Wales.

Gugatan terhadap Led Zepellin pertama kali diajukan pada 2015 oleh Michael Skidmore, mewakili gitaris Spirit, Randy Wolfe, yang meninggal akibat tenggelam di Pasifik pada 1997.

Jumat kemarin, Hakim Richard Paez di Pengadilan Tingkat Banding San Francisco mengatakan hakim pada persidangan sebelumnya telah melakukan sejumlah kesalahan.

Salah satu kesalahannya adalah hakim sebelumnya tidak menyampaikan ke juri bahwa perwakilan Wolfe sebetulnya bisa menang kalau sang gitaris itu sudah menuliskan kombinasi orisinal elemen-elemen musik yang memadai.

Kemudian, hakim tidak menyampaikan ke juri tentang “hak milik elemen-elemen musik di domain publik.”

Pada persidangan sebelumnya, para juri telah ditunjukkan berbagai penampilan lagu “Starway to Heaven” dan “Taurus”.

Saat itu, pengacara penggugat, Francis Malofiy, mengatakan kasus ini bisa dirangkum dalam enam kata saja: “Beri penghargaan kepada yang pantas menerimanya.”

Dia juga mengatakan bahwa Page dan Plant adalah musisi luar biasa “tetapi mereka menjiplak musik orang lain dan berusaha mengklaim sebagai milik sendiri”.

Namun juri menyimpulkan bahwa meskipun dua orang itu punya akses pada lagu “Taurus” — dua band dimaksud pernah tampil bersama setahun sebelum “Stairway to Heaven” dirilis dua intro musik tersebut tidak sama persis.

Dengan perkembangan ini, tuduhan pencurian hak cipta oleh Led Zepellin akan dikembalikan ke pengadilan tingkat distrik.

Bagaimana penilaian Anda? Silakan membandingkan sendiri dua intro itu dengan video berikut, yang pertama adalah intro “Taurus” disusul “Starway to Heaven”:

Leave A Reply

Your email address will not be published.