Selama ini mendengarkan musik mungkin dianggap sebagai kegiatan sepele

0 21
DRADIOQU.COM – Selama ini mendengarkan musik mungkin dianggap sebagai kegiatan sepele. Namun ternyata kegiatan sederhana ini bukan hanya bisa membantu melepaskan stres, tapi juga membantu seseorang mendapatkan kualitas tidur lebih baik di malam hari.
Dilansir dari sleep.org, mendengarkan musik sebelum tidur dapat membantu seseorang dengan gangguan tidur untuk lebih cepat mengantuk dan tertidur serta membuatnya bangun tidur lebih segar di pagi hari.
Efek positif ini memang tidak bisa dirasakan begitu saja dalam semalam, namun membiasakan diri mendengarkan musik setiap malam, kurang lebih tiga minggu, dapat menunjukkan hasil yang signifikan dalam peningkatan kualitas tidur.
Lagu-lagu yang memiliki tempo lambat, sekitar 60 hingga 80 BPM, bisa memberikan efek relaksasi dan menenangkan sehingga bisa membangun nuansa nyaman untuk tidur pulas.
Selama mendengarkan musik, otak merespon dengan efek yang dirasakan langsung oleh tubuh seperti menurunnya detak jantung, melambatnya pernapasan dan dilepaskannya hormon kebahagiaan sehingga tingkat kecemasan menurun.
Musik bahkan membantu perkembangan otak bayi saat masih di dalam kandungan. Jadi, jika kamu kesulitan tidur di malam hari, cobalah mendengarkan lagu dengan tempo slow agar mudah mengantuk dan cepat

Leave A Reply

Your email address will not be published.