Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sejumlah arkeolog sedang mempelajari harta berharga dari koin Romawi kuno

0 109
polri 73

DRADIOQU.COM – Sejumlah arkeolog sedang mempelajari harta berharga dari koin Romawi kuno yang ditemukan di sebuah gedung teater tua di utara Italia. Koin-koin itu, yang jumlahnya sekiar 300 keping, berasal dari era kekaisaran Romawi akhir dan ditemukan dalam guci sabun yang terbuat dari batu.

Koin-koin itu ditemukan saat para arkeolog sedang menggali ruang bawah tanah Teater Cressoni di Como, sebelah utara Milan. “Kami belum tahu secara terperinci makna historis dan budaya dari temuan itu. Ini sebuah penemuan yang membuat kami bangga,” kata Menteri Kebudayaan Alberto Bonisoli seperti dikutip dari CNN, Selasa (11/9).

“Siapa pun yang menempatkan guci di tempat itu, menguburnya sedemikian rupa sehingga saat keadaan dalam bahaya mereka bisa pergi dan mengambilnya,” kata Maria Grazia Facchinetti, seorang ahli numismatik atau ahli dalam koin langka.

Dikatakan, koin-koin itu memiliki ukiran kaisar Honorius, Valentinian III, Leon I, Antonio, dan Libio Severo. Dengan kata lain, koin-koin itu berasal dari era sebelum tahun 474 Setelah Masehi. “Semua ini membuat kita berpikir bahwa pemilik koin-koin bukan subjek pribadi, melainkan bisa menjadi bank umum atau deposito,” kata Facchinetti. Para arkeolog juga menemukan sebuah batang emas di dalam toples.

Koin-koin itu ditemukan minggu lalu dan dipindahkan ke laboratorium restorasi Mibac di Milan, di mana para arkeolog dan restorator memeriksanya. Kementerian Kebudayaan Italia belum memberika nilai terhadap koin-koin tersesbu, tetapi media Italia memperkirakan nilainya bisa mencapai jutaan dolar.

Teater Cressoni yang bersejarah dibuka pada 1807 sebelum bertransisi menjadi bioskop dan akhirnya ditutup pada 1997. Tempat ini tidak jauh dari kawasan forum Novum Comum, di mana artefak Romawi penting lainnya pernah ditemukan. Temuan ini adalah salah satu dari beberapa penemuan mengejutkan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2016, para arkeolog dari Universitas North Carolina-Charlotte menemukan koin emas Roma berusia 2.000 tahun yang langka di Yerusalem. Koin itu menampilkan wajah Nero, kaisar Romawi yang terkenal karena bermain biola, sementara Kota Romawi Kuno dibakar, dan kemungkinan hancur pada 56-57 Setelah Masehi. Pada tahun yang sama, tim arkeolog menemukan 10 koin Romawi dan Ottoman kuno dari reruntuhan puri di Okinawa, Jepang.CNN

Leave A Reply

Your email address will not be published.