Saat kehamilan sudah memasuki trimester akhir, biasanya kita akan gampang capek

0 45

DRADIOQU.COM – Saat kehamilan sudah memasuki trimester akhir, biasanya kita akan gampang capek. Belum lagi dengan sejumlah kondisi yang bikin nggak nyaman, seperti konstipasi, kaki bengkak, dan sebagainya. Dalam kondisi seperti ini memang disarankan untuk lebih banyak istirahat. Tapi bagaimana jika masih harus bekerja saat hamil tua?

Akan lebih baik lagi jika sudah berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memeriksakan kondisi tubuh dan janin sebelum menjalani rutinitas bekerja seperti biasa. Agar tetap sehat saat bekerja dalam kondisi hamil tua, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Antisipasi rasa tidak nyaman yang mungkin akan dialami
Dikutip dari lifehack.org, saat sudah memasuki trimester ketiga, ibu hamil akan lebih sering susah konsentrasi, makin sering buang air kecil, dan stres yang meningkat. Perubahan hormon menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan perubahan-perubahan tersebut. Moms harus benar-benar paham dan bisa mengantisipasi kondisi tersebut. Sebaiknya memang tidak memaksakan diri bekerja terlalu keras agar tidak membahayakan kesehatan diri sendiri juga janin.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Meski mungkin bakal lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil, tetaplah penting untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari. Selalu sediakan sebotol air minum di dekat meja kerja atau kemanapun pergi saat bekerja.

3. Makan dalam porsi kecil tapi cukup sering
Untuk mencegah konstipasi dan heart burn, coba atur porsi makan yang tidak terlalu banyak tapi dikonsumsi dengan jeda waktu yang dekat. Kunyah setiap suapan perlahan agar nantinya bisa diserap tubuh dengan baik dan memperlancar proses pencernaan.

4. Latihan pernapasan
Selalu luangkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Salah satunya dengan latihan pernapasan. Cobalah untuk luangkan waktu 3 atau 5 kali dalam sehari untuk melatih pernapasan. Tarik napas sampai hitungan ke-3 lalu hembuskan napas perlahan sampai hitungan ke-5. Lakukan beberapa kali sampai pikiran terasa lebih tenang.

5. Gerakkan tubuh setidaknya sejam sekali
Meski saat hamil tua tubuh jadi sulit untuk digerakkan, tapi tetap penting untuk menggerakkan anggota badan untuk memperlancar sirkulasi darah dan mencegah atau mengatasi bengkak. Kalau rutinitas bekerja lebih banyak duduk, coba atur untuk setiap sejam sekali berdiri atau jalan kaki ringan di sekitar kantor.

6. Pakai baju yang nyaman
Ini juga penting nih. Pastikan selalu mengenakan baju yang nyaman. Tidak terlalu ketat. Kenakan baju yang memberi ruang gerak bebas serta sirkulasi udara yang baik.Itu tadi enam hal paling dasar yang bisa moms lakukan agar tetap sehat bekerja saat hamil tua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.