Ratusan warga pekon Banjar Rejo Kec Banyumas dan pekon Pamenang kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu

0 18

Pringsewu ,dradioqu. com – Ratusan warga pekon Banjar Rejo Kec Banyumas dan pekon Pamenang kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, mengepung Kantor Pengadilan Kota Agung, mengawal sidang warga mereka, Rabu (10/10/2018)

Masyarakat yang hadir dengan mengunakan belasan mobil truk dan puluhan mobil pribadi, berangkat dari Banjar Rejo + pukul 7:30 pagi beriringan menuju Kantor Pengadilan Kotaagung Tanggamus, dengan meneriakkan yel-yel bentuk dukungan kepada Kepala Pekon dan warga mereka yang tadinya sempat di tahan karena memperjuangkan hak hak warganya. (selasa 9/10).

Ratusan masyarakat pendemo terdiri dari laki laki dan perempuan, unjuk rasa terus berlangsung dengan tertib saat Pengadilan Kotaagung mengadili Kepala Pekon Banjar Rejo Herman dan warganya Sungeb.

Warga masyarakat dan LSM GMBI menilai, mereka itu tidak bersalah, karena sang penuntut belum memiliki alas hukum kepemilikan lahan.

Sidang pengadilan di tunda hingga 16 Oktober mendatang, Kepala Pekon Banjar Rejo Herman dan warga Sungeb yang bebas pada 3 Oktober lalu, memperoleh perpanjangan penangguhan penahanan hingga 60 hari kedepan.

Di fasilitasi LSM GMBI, warga setidaknya sudah dua kali unjuk rasa meminta pembebasan Kepala Pekon mereka, yang pertama ke Polda Lampung 24 September dan ke Pengadilan Negeri Kota agung senin 1 Oktober 2018. Menjemput Sungeb dan Kepala Pekon Banjarrejo dari Rutan Kotaagung 3 Oktober.

Kuasa Hukum Herman ( kakon Banjar Rejo) serta Sungeb dan Ketua LSM GMBI Wilter Lampung Ali Mukhtamar Hamas mengatakan, mereka akan terus mengawal proses pengadilan tersebut sampai selesai dan pihak klien dinyatakan bebas.

Amroni Abd selaku Ketua LSM GMBI Distrik Tanggamus saat di wawancarai wartawan tim AJOI Tanggamus dilokasi kemarin mengatakan,
“saya sangat bangga dengan warga Pekon Banjar Rejo dan warga Pemenang yang antusias dan solid mendukung Kepala Pekon dan warga mereka yang lagi tersandung masalah. Kami LSM GMBI akan mengawal sampai peradilan ini selesai,” ucapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.