PT PLN (persero) menggandeng ‎RSCM melakukan bakti sosial peduli gempa di Lombok

DRADIOQU.COM – PT PLN (persero) menggandeng ‎Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) melakukan bakti sosial peduli gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Acara yang bertempat di Puskemas Tanjung, Lombok Utara itu guna memberikan bantuan kepada masyarakat serta tenaga medis.

Manager Senior CSR PLN Ida Zubaidah ‎mengatakan bakti sosial kali ini merupakan tahap pemulihan bagi korban gempa setelah sebelumnya PLN hadir membantu masyarakat Lombok ketika gempa kali pertama mengguncang 5 Agustus 2018 lalu. “Kita fokus recovery. Ini masa-masa recovery mereka tinggal di tenda sekian lama. Juga trauma gempa yang terjadi berkali-kali,” kata Ida di Lombok, Selasa (11/9).

Ida mengungkapkan, perekonomian Lombok segera pulih bila kondisi psikis dan fisik masyarakat sehat. Pasalnya, gempa yang terjadi terus-menerus membuat trauma. Oleh sebab itu, c(trauma healing).“Orangnya terlebih dahulu, ekonomi harus bangkit, kita pulihkan lagi kondisi ini, pertama orangnya dulu dari sisi kesehatan psikis karena musibah berulang menimbulkan trauma, juga fisiknya,” ujar dia.

Direktur Utama RSCM dr Lies Dina Liastuti menerangkan dalam bakti sosial ini pihaknya menerjukan 19 personel yang terdiri dari psikiatri untuk menghilang trauma korban, dokter umum, petugas farmasi dan dokter spesialis.

Dia mengungkapkan kehadiran tenaga medis RSCM ‎bertujuan membangkitkan semangat tenaga medis yang selama ini sudah melayani sejak gempa terjadi. Selain itu, memberi kesempatan bagi tenaga medis tersebut untuk istirahat sejenak. “Kami ingin membangkitkan kembali semangat rasa trauma tenaga kesehatan, ada puskesmas yang ambruk, itu seharusnya mereka juga ditolong tapi harus menolong orang lain,”‎ ujarnya.