Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tidak diundang dalam upacara penghormatan terakhir mendiang Senator John McCain

0 18

DRADIOQU.COM  – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tidak diundang dalam upacara penghormatan terakhir mendiang Senator John McCain pada Jumat (31/8), maupun pada acara Ibadah Pemakaman sang senator, Sabtu (1/9).

Keputusan untuk tidak mengundang Presiden Trump tersebut, dibuat oleh keluarga McCain. Trump menjadi satu-satunya pejabat tinggi AS yang tidak diundang dalam rangkaian upacara pemakaman McCain yang juga merupakan pahlawan Perang Vietnam tersebut.

Dua mantan presiden AS, yakni George W Bush dari Partai Republik dan Barack Obama dari partai Demokrat, akan hadir dalam acara kebaktian Pemakaman McCain, di Katedral Nasional di Washington, Sabtu (1/9). Keduanya juga akan menyampaikan pidato dalam acara tersebut.

Sejumlah pengamat menilai, keputusan keluarga yang tidak mengundang Trump, merupakan bentuk teguran keras bagi orang nomor satu di AS tersebut. Perselisihan sengit antara Trump dan McCain yang pernah dua kali menjadi kandidat presiden ini bermula pada kampanye kepresidenan Trump 2016. Ketika itu, Trump mengejek McCain karena ditawan dalam Perang Vietnam dan mengatakan bahwa McCain bukan pahlawan perang.

Meski tidak diundang, Trump menyampaikan penghormatan kepada McCain melalui Wakil Presiden AS, Mike Pence, yang hadir dalam upacara penghormatan terakhir bagi mendiang McCain, di Ruang Rotunda, Gedung Parlemen, Washington, AS, Jumat.

“Presiden meminta saya untuk berada di sini atas nama bangsa yang berterima kasih, untuk membayar rasa hormat kepada seorang pria yang melayani negaranya sepanjang hidupnya,” kata Pence.

Setelah upacara penghormatan, jenazah McCain akan tetap disemayamkan di gedung parlemen dan warga diberi kesempatan untuk melayat. Bendera Amerika di sekitar Gedung Parlemen dikibarkan setengah tiang untuk menghormati McCain, yang meninggal dunia karena kanker otak di usianya yang ke-81, pada 26 Agustus 2018. Jenazah McCain akan dimakamkan di almamaternya, Akademi Angkatan Laut AS, di Annapolis, Maryland, pada Minggu (2/9).

Leave A Reply

Your email address will not be published.