Polres Metro Jakarta Selatan, membekuk tersangka Muslon

lantaran mengoplos oli sepeda motor di bengkel miliknya

0 42

DRADIOQU.COM – Polres Metro Jakarta Selatan, membekuk tersangka Muslon, lantaran mengoplos oli sepeda motor di bengkel miliknya, di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Modus pelaku memasukan oli curah ke dalam botol bekas yang sudah dicuci, menempelkan merek dan dijual kepada konsumen.

“Kami amankan pelaku di bengkel motor, di mana di situ ternyata ada produksi oli hasil buatan sendiri. Oli curah dimasukan ke dalam kemasan oli bermerek, sehingga konsumen kira ini oli dari produk bermerek itu, padahal bukan,” ujar Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Stefanus Tamuntuan, di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Selasa (21/8).

Dikatakan, oli curah itu dimasukan ke dalam botol bekas yang sudah dicuci, kemudian mereknya ditempel menggunakan alat.

“Jadi dia buat sendiri, seakan dia buat merek yang tertera dikemasan. Sementara, kami sita barang bukti berupa kemasan oli yang sudah dibuat dan siap diperjualbelikan yang sebenarnya itu (oli) tak sesuai di dalamnya,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, akibat perbuatannya pelaku dijerat Undang-undang Perlindungan Konsumen. “Nanti kita akan uji lab. Selain itu kita telusuri lagi ada tidaknya yang membantu pelaku,” katanya.

Sementara itu, tersangka Muslon mengaku, membuat sendiri oplosan oli sepeda motor itu secara manual. Ia sudah menjalankan aksi mengoplos oli itu selama 1,5 tahun belakangan.

“Ada lima sampai enam pembeli sehari. Standar harganya, sama harga pasaran. Untung 15 ribu, uangnya buat makan,” jelasnya.

Ia menambahkan, botol-botol bekas oli didapatakan dari pemulung, kemudian dicuci bersih dan ditempelkan mereknya kembali.

“Itu botol bekas saya cuci lagi, dari tukang rongsok dapatnya. Stiker (merek) buat lagi, dipress lagi tutupnya. Belajar bikin ini otodidak, bahannya oli curah. Hanya buat bengkel sendiri,” tandasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.