Penyerang tim nasional U-16 Indonesia Sutan Zico mengatakan, pergantian dua pemain serentak yang dilakukan Australia di babak kedua laga perempat final Piala U-16 Asia 2018

0 62

DRADIOQU.COM – Penyerang tim nasional U-16 Indonesia Sutan Zico mengatakan, pergantian dua pemain serentak yang dilakukan Australia di babak kedua laga perempat final Piala U-16 Asia 2018 mengubah permainan tim Negeri Kanguru tersebut.

Serangan Australia, lanjut Zico, menjadi lebih tajam setelah Tristan Hammond dan Joshua Varga masuk secara bersamaan di menit ke-62. Ujungnya, Indonesia harus bertekuk lutut dengan skor 2-3.

“Masuknya mereka berdua membuat daya dobrak Australia menjadi lebih bagus,” ujar Sutan Zico usai bertanding menghadapi Australia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/10).

Indonesia dan Australia bermain imbang 1-1 sampai menit ke-62 paruh kedua laga sampai pergantian pemain dilakukan.

Zico sendiri membuka gol di laga itu pada menit ke-17 sebelum disamakan oleh Australia melalui tandukan bek Daniel Walsh di menit ke-51.

Melihat skor imbang, di menit ke-62, pelatih Australia Trevor Morgan memasukkan penyerang Joshua Varga menggantikan bek Jordan Bos dan memainkan Tristan Hammond, penyerang yang berlaga untuk tim muda klub Liga Portugal Sporting Lisbon, mengisi tempat penyerang lainnya Joseph Roddy.

Hasilnya, tiga menit setelah pergantian pemain itu, Australia mencetak dua gol tambahan melalui kaki Adam Leombruno (65) dan Noah Botic (74).

“Kami memang sedih dengan kekalahan ini, tetapi inilah hidup. Kadang di atas, kadang di bawah. Kadang menang, kadang kalah. Kami harus menjalani semuanya,” tutur Zico, yang mengakui suasana ruang ganti pemain Indonesia dipenuhi kesedihan karena kalah dari Australia.

Tim nasional sepak bola U-16 Indonesia gagal lolos ke Piala Dunia U-17 tahun 2019, sebagai empat tim terbaik Asia, usai kalah 2-3 dari Australia di babak perempat final Piala U-16 Asia 2018, Senin (1/10).

Dua gol Indonesia di pertandingan itu dicetak oleh Sutan Zico pada menit ke-17 dan Rendy Juliansyah (89).

Sementara gol Australia diorehkan Daniel Walsh (51), Adam Leombruno (65), dan Noah Botic (74).

Meski tak berhasil lolos ke semifinal Piala U-16 Asia 2018 yang menjadi syarat lolos Piala Dunia U-17 2019, Indonesia sudah mencatat prestasi sendiri di turnamen yang pada penyelenggaraan tahun 2018 diikuti 16 negara itu.

Sebab, dengan menjadi perempat finalis, timnas U-16 Indonesia menggoreskan prestasi terbaik keduanya di Piala U-16 Asia usai merebut peringkat keempat pada edisi tahun 1990.ANTARA

Leave A Reply

Your email address will not be published.