Iklan

penasaran sebenarnya apa fungsi jintan dalam masakan

0 52

DRADIOQU –  Ada banyak sekali rempah di dunia ini, dan makanan Indonesia adalah salah satu yang paling banyak menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu masakan. Salah satunya adalah jintan. Beberapa orang mungkin belum mengetahui bentuknya, dan beberapa lainnya mungkin penasaran sebenarnya apa fungsi jintan dalam masakan.

Jintan umumnya digunakan dalam masakan seperti opor, rawon, rendang, soto, tongseng, gulai, laksa dan lain sebagainya. Fungsi jintan dalam masakan adalah untuk memberikan aroma harum, lezat dan pedas pada masakan. Jintan memiliki sifat yang mampu menghangatkan sehingga makanan memiliki efek pedas yang tidak menyakitkan, melainkan menghangatkan tubuh.

Umumnya, jintan harus disangrai dahulu agar aromanya bisa keluar dengan maksimal dan muncul ke dalam masakan. Bukan hanya digunakan dalam masakan, jintan juga menjadi bahan pengobatan tradisional seperti jamu dan obat herbal lainnya.

Ada dua jenis jintan yang diketahui, jintan putih dan jintan hitam. Umumnya yang digunakan untuk masakan adalah yang jintan putih, sedangkan jintan hitam lebih sering untuk pengobatan karena rasanya lebih kuat. Meski begitu, jika ingin menggunakan jintan hitamdalam masakan, juga tidak masalah.

Nah, jadi itu dia fungsi jintan dalam masakan. Ternyata rasa pedas dan hangat yang ada di dalam masakan dengan bumbu yang kuat berasal dari jintan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.