Pembalap Mercedes Lewis Hamilton meningkatkan keunggulannya di puncak klasemen menjadi 50 poin

0 46

DRADIOQU.COM – Pembalap Mercedes Lewis Hamilton meningkatkan keunggulannya di puncak klasemen menjadi 50 poin setelah memenangi Grand Prix Rusia dengan bantuan timnya, Minggu (30/9).

Juara dunia bertahan itu memulai balapan dari urutan kedua dan di pertengahan lomba diberi jalan oleh rekan setim Valtteri Bottas untuk menyalip. Bottas juga membantu menahan gempuran dari rival utama Sebastian Vettel di atas mobil Ferrari.

Dalam balapan yang disaksikan Presiden Rusia Vladimir Putin bersama bos F1 Bernie Ecclestone itu, Hamilton mampu mengambil keuntungan maksimal dari strategi tim dan menyalip Vettel lewat aksi mendebarkan di Sirkuit Sochi Autodrom.

Bottas memulai dari pole dan tampak tidak senang diminta mematuhi team order yang membuang peluangnya untuk menang, dan akhirnya dia finis 2,545 detik di belakang Hamilton.

Vettel finis ketiga dan makin tertinggal dari puncak klasemen.

Ini merupakan kemenangan ketiga Hamilton di Rusia, yang kelima dalam enam balapan terakhir, dan yang ke-70 sepanjang karirnya. Dia makin berpeluang merebut titel juara dunia yang kelima, dengan lima balapan tersisa musim ini.

Usai balapan, Hamilton juga mengklaim tidak begitu puas dengan kemenangan yang dia raih melalui team order.

“Hari ini sebetulnya cukup sulit. Valtteri melakukan tugasnya dengan fantastis sepanjang akhir pekan dan benar-benar seorang gentleman membiarkan saya lewat. Saya bisa paham betapa sulitnya ini bagi dia,” kata Hamilton.

Bottas tentu saja juga tidak senang dengan hasil ini.

“Hasil yang bagus untuk kami sebagai tim, tetapi seperti yang dilihat semua orang, ini balapan yang sulit,” ujarnya.

Kimi Raikkonen finis keempat untuk Ferrari, di depan pembalap Red Bull Max Verstappen, yang tampil cukup mengesankan di ulang tahunnya yang ke-21. Dia sempat memimpin balapan, dari posisi start ke-19.

Di belakangnya adalah rekan setim Daniel Ricciardo dan pembalap Sauber Charles Leclerc yang akan bergabung dengan Ferrari musim depan.

Kevin Magnussen finis di urutan delapan disusul pasangan Force India Esteban Ocon dan Sergio Perez.

Bos tim Mercedes Toto Wolff berusaha menghibur Bottas melalui panggilan radio ketika balapan masih berlangsung.

“Valtteri, ini Toto – hari yang sulit untukmu, sulit untuk kita – mari duduk bersama dan membahas ini nanti,” kata Wolff.

Sumber: AFP

Leave A Reply

Your email address will not be published.