MUSEUM JOANG 45 : Napak Tilas Proklamasi 2018.

0 37

Dradioqu. Com – Jakarta, 15 Agustus 2018 Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-73, Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Museum Naskah Proklamasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, DHN 45. DHD 45. Paguyuban Wanita Pejuang, organisasi kemasyarakatan serta komunitas sejarah Iainnya menyelenggarakan kegiatan Napak Tilas Proklamasi pada hari Kamis, 16 Agustus 2018 di Museum Joang 45, J1 Menteng Raya No. 31 Jakarta Pusat. Acara ini merupakan event tahunan yang sudah menjadi tradisi sejak tahun 1983.

Kegiatan Napak Tilas Proklamasi tahun 2018, menurut rencana akan dibuka oleh Gubernur Provinsi’DKl Jakarta Bapak Anies Baswedan. Pada kegiatan Napak Titas Proklamasi juga diselenggarakan Iomba yeI-yel perjuangan yang diikuti oleh peserta didik tingkat SMP dan SMA dari lima wilayah DKI Jakarta.

Parade Napak Tilas sendiri akan di lepas oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta bersama Ketua Dewan Penasihat DHN 45 Bapak Jenderal TNI (purn) H. Try Sutrisno, Ketua Umum DHN 45 Bapak H. Ramli Hasan Basri dan PLT. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta serta Kepala UP. Museum Kesejarahan Jakarta. Adapun rute yang akan ditempuh adalah: start dari Museum Joang 45 melewati Jalan Cut Mutia-Teuku Umar-Taman Suropati-Museum Naskah Proklamasi. Dari Museum Naskah Proklamasi Peserta Napak Tilas Proklamasi Museum Joang 45 akan bergabung dengan Peserta Parade dari Museum Naskah ProkIamasi sebagai rangakaian akhir acara Napak Tilas Proklamasi menuju Tugu Proklamator.

Salah satu atraksi sejarah menarik yang ditunggu-tunggu masyarakat Jakarta adalah dikeluarkannya mobil dinas Presiden RI pertama Ir Soekarno, yaitu mobil REP 1 dari Museum Joang 45. “Ya, mobil bersejarah yang menjadi salah satu koleksi unggulan Museum Joang 45 hanya kami keluarkan setahun sekali yaitu untuk mengikuti parade napak tilas. Selain Itu Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun ini sungguh sangat istimewa, karena Bangsa Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi perhelatan besar, yaitu Asian Games ke-18. lni merupakan yang kedua kalinya bagi Indonesia menjadi tuan rumah, karena pada tahun 1962 kita sudah pernah menjadi tuan rumah Asian Games ke-4. Untuk itu bendera dari 45 negara peserta Asian Games juga akan hadir di tengah-tengah peserta parade”. Kepala UP Museum Kesejarahan Sri Kusumawati mengatakan hal tersebut baru-baru ini di ruang kerjanya.

Kegiatan Napak Tilas proklamasi ini dilaksanakan dengan tujuan merefleksikan kembali nilai kejoangan dan perjuangan yang ada dibalik peristiwa menjelang Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945. sasarannya terutama kepada Generasi Muda menjadi Renungan bagi mereka sebagai modal mengisi kemerdekaan Bangsa.

Hadir juga dalam acara ini berbagai elemen masyarakat. terutama Pejuang Angkatan 45 (Dewan Harian Nasional. Dewan Harian Daerah dan Wirawati Catur Panca), Elemen masyarakat. Pelajar. Mahasiswa, Wirawati, Komunitas Museum. Selain itu acara di isi oleh Treatrika! sejarah perjuangan Bangsa dan (detik-detik pembacaan teks proklamasi) di Tugu Proklamator.

(UP MKJ/SPN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.