Iklan

Meski tak bermain bagus, Liverpool sukses menaklukkan tuan rumah Brighton and Hove Albion 1-0

0 35

DRADIOQU.COM – Meski tak bermain bagus, Liverpool sukses menaklukkan tuan rumah Brighton and Hove Albion 1-0 dalam partai Premier League pekan ke-22, di Stadion Falmer, Sabtu (12/1). Kemenangan ke-18 ini sekaligus memperkokoh posisi mereka di klasemen.

Satu-satunya gol dalam partai ini dilesakkan Mohamed Salah pada menit ke-50 dari titik penalti. Ini merupakan gol ke-14 Salah di Premier League musim ini.

Tiga poin dari kandang Brighton membuat Liverpool kini telah mengumpulkan 57 poin dalam 22 pertandingan. Mereka unggul tujuh poin atas penghuni urutan kedua Manchester City. The Citizens baru akan memainkan partai ke-22 mereka pada Senin (14/1) atau Selasa dini hari WIB. 

Liverpool berupaya bangkit setelah mengalami dua kekalahan beruntun. Mereka tumbang 1-2 saat tandang ke markas Manchester City. The Reds juga kemudian kalah oleh Wolverhampton Wanderers sehingga terhenti di Piala FA. Melawan Brighton menjadi kesempatan bagi pasukan Juergen Klopp untuk membangkitan mental tim.

Untuk meraih kemenangan melawan Brighton, Klopp menurunkan formasi 4-2-3-1. Mohamed Salah menjadi striker utama didukung Xherdan Shaqiri, Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

Sementara Brighton mengusung formasi 4-5-1. Glenn Murray menjadi ujung tombak untuk mendobrak pertahanan Liverpool.

Dalam 15 menit pertama, kedua tim saling menyerang. Penyerang Liverpool Roberto Firmino nyaris mencetak gol pada menit kesembilan. Namun tendangannya dari tengah kotak penalti melenceng ke sisi kanan.

Lima menit kemudian giliran Brighton mendapat peluang melalui Juergen Locadia. Tendangan dari sisi kiri kotak penalti diblok pemain Liverpool.

Selanjutnya, penguasaan bola menjadi tidak imbang. Liverpool terlihat sangat dominan menguasai bola mencapai 77 persen berbanding 23 persen.

Pada menit ke-27, Xherdan Shaqiri nyaris menghasilkan gol. Penyerang asal Swiss ini menyundul bola umpan Trent Alexander-Arnold dari kotak penalti. Namun bola melenceng ke sisi kanan gawang.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang terjadi. Skor pun tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, Liverpool tetap menguasai jalannya permainan. Pasukan Klopp terus melakukan tekanan untuk bisa menghasilkan gol.

Upaya Virgil van Dijk dan kawan-kawan menjebol gawang lawan baru menemui hasil pada menit ke-50. Gol yang membawa pasukan Klopp unggul dilesakkan Mohamed Salah pada menit ke-50 dari titik penalti.

Wasit Kevin Friend menunjuk titik putih setelah Salah dijatuhkan di kotak penalti oleh Pascal Gross. Salah mengambil sendiri tendangan dari jarak 11 meter ini dan dengan mudah memperdaya kiper David Button.

Menit ke-67, Locadia menjajal kemampuannya dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Alisson haris menjatuhkan diri untuk memblok tendangan pemain bernomor punggung 9 itu. 

Salah nyaris kembali mencetak gol pada menit ke-88. Dia mendapatkan umpan menyusur tanah yang diberikan James Milner. Pemain asal Mesir itu seharusnya bisa mencetak gol mudah, namun tendangannya melenceng dari gawang.

Kekalahan ini membuat Brighton tak beranjak dari urutan ke-13 dengan koleksi 26 poin.  

Susunan pemain:

Brighton and Hove Albion (4-5-1): 27 David Button; 22 Martín Montoya, 4 Shane Duffy, 5 Lewis Dunk, 3 Gaetan Bong; 20 Solly March (11 Anthony Knockaert 66), 13 Pascal Gross (7 Beram Kayal 79), 6 Dale Stephens, 24 Davy Propper, 9 Juergen Locadia; 17 Glenn Murray (10 Florin Andone 66).

Liverpool (4-2-3-1): 13 Alisson; 66 Trent Alexander-Arnold, 3 Fabinho, 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 14 Jordan Henderson, 5 Georginio Wijnaldum; 23 Xherdan Shaqiri (7 James Milner 72), 9 Roberto Firmino, 10 Sadio Mane (8 Naby Keita 90); 11 Mohamed Salah (27 Divock Origi 90+4).SPORTLIFE

Leave A Reply

Your email address will not be published.