Menggapai Kerukunan Umat Beragama: Buku Saku FKUB

0 58

Dradioqu.com – Hari ini Bertempat di Ashley Hotel Jakarta, Jl. KH. Wahid Hasyim No. 73-75, Menteng, Jakarta Pusat, dimana Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dibentuk dengan harapan dapat menjadi lembaga yang terdepan dalam menengahi persoalan antar-umat beragama dan merawat kerukunan di Indonesia. Namun demikian, banyak pihak masih menyangsikan kapasitas FKUB dalam mengelola kerukunan, terlebih merangkul kelompok agama yang rentan.

Bertolak dari pertimbangan tersebut, buku panduan ini dipersiapkan untuk ikut memperkokoh peran FKUB dalam menyelesaikan konflik dan memperkuat kerukunan. Disadari bahwa konteks dan tantangan yang dihadapi FKUB di berbagai daerah sangat beragam. Karena itu, buku panduan ini dirancang agar tidak terlalu teknis, melainkan lebih menekankan wawasan umum dan paradigma mengenai kerukunan, manajemen konflik dan mediasi.

Meski diberi judul “Buku Saku FKUB”, panduan ini juga diharapkan dapat berguna bagi pemimpin agama, pemimpin masyarakat dan praktisi pada umumnya yang selama ini terlibat dalam penyelesaian konflik berlatar-belakang agama.

Narasumber: Ahmad Syafi’i Mufid (Ketua FKUB DKI Jakarta), Jaleswari Primowardhani (Deputi Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan HAM Kantor Staf Presiden), Wawan Djunaedi (Kepala Bidang Harmonisasi Umat Beragama PKUB), M. Irsyad Rafsadie (Peneliti PUSAD Paramadina).DPw

Leave A Reply

Your email address will not be published.