Mendapati buah hati kita yang masih bayi digigit nyamuk tentu membuat hati kita khawatir dan panik

0 45

Dradioqu.com – Mendapati buah hati kita yang masih bayi digigit nyamuk tentu membuat hati kita khawatir dan panik. Apalagi, jika di lingkungan sekitar sedang terjadi wabah penyakit demam berdarah atau penyakit lain yang ditularkan oleh gigitan nyamuk. Bekas gigitan nyamuk yang tak lekas pudar atau bahkan menjadi luka, ini juga membuat perasaan khawatir.

Agar buah hati terhindar dari gigitan nyamuk, melansir dari laman parents.com, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mencegahnya. Pencegahan tersebut antara lain sebagai berikut.

Jangan mengajak buah hati ke tempat yang rentan jadi sarang nyamuk seperti tempat kumuh, berlembap, banyak genangan airnya, kebun atau semak-semak serta tempat kotor lainnya.

Ajak buah hati pergi ke luar rumah setelah matahari terbit di siang hari. Saat matahari terbit, nyamuk akan kembali ke sarangnya dan ini membuat buah hati aman dari serangan gigitan nyamuk.

Ketika matahari terbenam, ajak buah hati ke dalam rumah. Tutup jendela dan pintu agar nyamuk tidak masuk ke rumah. Hindari mengajak buah hati keluar rumah saat malam atau setelah matahari terbenam.

Gunakan kelambu di kamar tidur agar tidak ada nyamuk yang bisa menggigit bayi atau pun menggigit mom serta keluarga.
Tutup semua tempat yang berisi air agar tidak dijadikan tempat bertelur nyamuk.

Buang tempat-tempat penampungan air yang tidak terpakai di rumah. Kalau memang sayang untuk dibuang, simpan di tempat yang jauh dari jangkauan mom dan simpan dengan posisi tengkurap atau tertutup agar tidak terisi air.
Pastikan agar kamar tidur buah hati mendapat cahaya dan udara cukup. Kamar yang pengap dan gelap rentan menjadi tempat bersarangnya nyamuk.

Beri pakaian panjang yang menutup keseluruhan tubuh buah hati. Pakaian panjang akan meminimalisir gigitan nyamuk.
Pakaikan pakaian, selimut, sarung bantal dan peralatan lain dengan warna cerah pada buah hati agar nyamuk tidak tertarik menggigit buah hati. Warna cerah tidak disukai nyamuk sehingga tepat untuk mencegah risiko gigitan nyamuk.
Pakai obat nyamuk khusus yang aman buat buah hati bayi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.