Memasuki trimester ketiga, kesulitan yang sering dialami ibu hamil adalah tidur yang tidak nyaman

0 26

DRADIOQU.COM – Memasuki trimester ketiga, kesulitan yang sering dialami ibu hamil adalah tidur yang tidak nyaman. Tidur akan terganggu karena perut yang membesar dan membuat sesak jika tidur telentang. Padahal, waktu tidur yang cukup dan nyenyak di malam hari sangat penting.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychosomatic Medicine menemukan bahwa ibu hamil yang kurang tidur akan meningkatkan risiko mengalami persalinan berbahaya seperti kelahiran prematur, menghambat suplai ke plasenta, depresi hingga melahirkan bayi yang tak sehat.

Untuk itu, dilansir dari New Parent, ini yang bisa dilakukan ibu hamil agar bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak di malam hari.

1. Rajin olahraga
Rajin menggerakkan badan akan membuat energi tubuh dipergunakan secara maksimal. ketika tubuh lelah, ibu hamil akan lebih mudah tertidur di malam hari. Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), ibu hamil yang olahraga 30 menit per hari akan membuat kualitas tidurnya lebih baik.

2. Perut kenyang
Moms pati sudah tahu bahwa perut kosong dan kelaparan malam hari akan membuatmu kesulitan tidur. Oleh karena itu, menjaga perut kenyang akan memudahkan diri mengantuk dan tertidur. Namun ingat untuk tidak makan berlebihan karena perut terlalu penuh juga membuatmu kesulitan tidur.

3. Jaga berat badan ideal
Penting sekali menjaga berat badan ideal agar mudah tidur. Karena ketika tubuh ibu terlalu gemuk, bernapas jadi lebih susah dan tubuh erat sehingga kesulitan tidur.

4. Ciptakan suasana nyaman
Jika memakai bra membuatmu sesak, maka lepaslah. Jika udara terlalu panas dan membuat gerah, pakailah baju yang tipis dan longgar, jika perlu nyalakan pendingin ruangan atau buka jendela agar udara dingin bisa masuk dan menyejukkan diri. Intinya, buat suasana tempat tidur senyaman mungkin.

5. Tidur menyamping
Umumnya ibu hamil dengan perut yang semakin besar tak bisa tidur telentang. Pilihlah posisi menyamping sehingga beban perut tidak membuat sesak dada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.