Melalui Tes Psikologi, Perilaku Dan Minat Siswa Mampu Terdeteksi

0 20

DRADIOQU.COM – SURABAYA ,Tim guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma) menggandeng lembaga biro psikologi Aditama Psikocare menggelar tes psikologi bagi siswa Spemma.

Tes yang digelar mulai pukul 7.30 pagi hingga 10.30 siang ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VII (120 siswa) dan seluruh siswa kelas IX (198 siswa) di ruang kelas Spemma. “Sudah dua tahun ini tes psikologi melibatkan seluruh kelas VII,” kata Sumeru Tatsianna, S.Psi. selaku guru BK Spemma. Rabu, (26/09).

Beliau menambahkan adanya keikutsertaan tes psikologi bagi kelas VII ini dapat digunakan sebagai deteksi awal dan acuan atas semua informasi anak bila terjadi permasalahan yang ada di sekolah.

“Melalui gambar sebagai salah satu materi tes psikologi dapat mengetahui hubungan anak dengan orang tua dan karakteristik anak,” tambah ibu guru yang sering dipanggil ibu Nana itu. Ekspresi perilaku siswa di sekolah akan tercermin dari pola asuh anak atau latar belakang orang tuanya.

Selain itu, materi tes psikologi lainnya terdapat tes bakat minat, tes kecerdasan, dan tes kepribadian. “Tes peminatan dilakukan khusus ditambahkan bagi siswa kelas IX yang dapat digunakan siswa atau orang tua atau lembaga pendidikan lainnya bila siswa tersebut akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” jelas Harni Rajab, S.Psi. selaku partner bu Nana yang menangani BK Spemma.

Melalui tes psikologis ini juga dapat diketahui level kecerdasan yang dimiliki siswa. Tes kecerdasan dapat diketahui melalui tes binet yaitu berupa tes visual, tes abstrak, dan tes yang berkaitan dengan angka.

Untuk mengetahui level kecerdasan siswa, tes kecerdasan itu dapat digabungkan dengan tes Intelligence Quotient (IQ) yang diperoleh siswa. “Bila ada siswa yang memiliki tingkat kecerdasan yang rendah tetapi dengan melihat kriteria tes IQ-nya lebih dari kriteria normal (90-109) dapat menjadi bekal siswa untuk terus dikembangkan dari sisi kecerdasannya.

Hal ini karena kecerdasan pada siswa usia SMP masih dapat terus dikembangkan menjadi lebih meningkat lagi,” ujar Bu Nana. Seluruh dari biaya tes psikologi ini telah ada dalam Dana Kegiatan Sekolah (DKS) dengan besaran tiap siswa kelas VII sebesar Rp. 50 ribu dan tiap siswa kelas IX sebesar Rp. 75 ribu. (arianto)

Leave A Reply

Your email address will not be published.