Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Laporan terbaru dari Trend Micro menyebutkan, lebih dari 9 juta pengguna Android ‘tertipu’ untuk memasang aplikasi yang telah disusupi oleh adware

0 82
polri 73

Laporan terbaru dari Trend Micro menyebutkan, lebih dari 9 juta pengguna Android ‘tertipu’ untuk memasang aplikasi yang telah disusupi oleh adware. Aplikasi tersebut kebanyakan terdaftar sebagai game dan simulator kendali jarak jauh.

Adware sendiri dikenal sebagai perangkat lunak periklanan, yang biasanya tidak dianggap berbahaya secara default. Namun, dalam banyak kasus, adware dapat disusupi oleh virus yang dapat menyebabkan paparan informasi pribadi dari kalangan pengguna dan risiko ancaman lainnya.

Kehadiran adware yang terdapat dalam aplikasi, biasanya memunculkan berbagai macam jenis iklan. Iklan ini, tentunya menghasilkan pendapatan bagi pihak yang berada di balik skema tersebut.

Kalangan pengguna Android biasanya tidak menyadari bahwa aplikasi yang mereka pasang di perangkat miliknya, hanya ‘bertugas’ menayangkan iklan.

Kemunculan aplikasi yang berisi iklan tersebut, sebenarnya bukan bawaan dari perangkat. Hal ini, menyebabkan terjadinya banyak adware bermunculan setelah perangkat diaktifkan oleh penggunanya.phonearena

Leave A Reply

Your email address will not be published.